Samarinda (ANTARA Kaltim) - DPRD Kota Samarinda, mendukung sepenuhnya program penanggulangan banjir oleh pemerintah setempat.

"Berapapun biayanya, jika program itu bersentuhan langsung dengan masyarakat, apalagi untuk penanggulangan banjir, kami akan mendukung," kata Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda, Mursyid, Kamis.

Namun Mursyid belum melihat adanya langkah konkret Pemerintah Kota Samarinda dalam penanggulangan banjir tersebut.

Padahal, lanjut dia, alokasi anggaran APBD Kota Samarinda untuk penanggulangan banjir sudah tersedia.

"Tinggal komitmen dan keseriusan Pemerintah Kota Samarinda untuk memaksimalkan dana penanggulangan banjir tersebut," kata Mursyid.

Terkait banjir yang melanda beberapa kawasan di Kota Samarinda sejak tiga hari terakhir, politisi PKS itu sangat menyayangkan belum adanya data jumlah korban dan luas banjir yang menggenangi wilayah itu.

"Semestinya, Pemerintah Kota Samarinda tanggap dan segera mendata korban kemudian memberikan bantuan. Intinya, kami akan mendukung apapun langkah yang dilakukan pemerintah dalam menanggulangi banjir," kata Mursyid.

Sementara itu anggota Komisi III DPRD Samarinda lainnya, H, Narimo, mengatakan pemerintah setempat telah melakukan berbagai upaya dalam membantu korban banjir tersebut.

"Kami (DPRD Samarinda) bersama pemerintah kota telah melakukan berbagai upaya untuk membantu warga yang terkena banjir. Namun, kami juga meminta semua pihak agar ikut turun ke lapangan untuk membantu korban banjir tersebut," kata H. Narimo.

Solusi jangka panjang penanganan banjir yakni proyek peningkatan jalan di kawasan Jalan Sentosa, Jalan Remaja dan Pemuda.

"Kawasan tersebut merupakan wilayah yang selama ini kerap dilanda banjir dan melalui APBN dan APBD Kota Samarinda, peningkatan jalan di daerah itu sudah dilakukan, hanya saja progresnya yang harus dipercepat," tutur H. Narimo.     (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013