Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur menyatakan tim dari puskesmas di daerah itu mulai melakukan vaksinasi bagi kalangan pelajar di berbagai sekolah di lingkungan masing-masing pada Kamis (26/8) dengan menggunakan vaksin Sinovac.
 

“Perencanaan kami minggu ini vaksinasi ke sekolah-sekolah dengan vaksin Sinovac karena untuk usia 12 tahun lebih cocok,” kata Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan dr Andi Sri Juliarty di Balikpapan, Rabu.

Ia menjelaskan sekolah sasaran vaksinasi, terutama SMP, walaupun sebagian ada juga SMA, seperti SMAN 6 di wilayah kerja Puskesmas Batu Ampar, Balikpapan Utara.

Dalam satu sekolah itu, tim vaksinasi menargetkan bisa memvaksin sekurang-kurangnya 100 anak.

“Atau berapa pun yang diizinkan pihak sekolah untuk hadir ke sekolah untuk divaksin pada hari tersebut,” kata Imelda, vaksinator dari Puskesmas Batu Ampar.

Kadinkes Juliarty mengatakan di gudang farmasi Balikpapan saat ini tersedia vaksin Sinovac, AstraZeneca, dan Moderna.

“Karena kita Balikpapan saat ini masih berada di PPKM level 4 maka vaksin yang terbaik adalah vaksin yang tersedia saat ini. Jadi masyarakat yang sudah sampai giliran vaksinnya, sebaiknya jangan ditunda karena ingin memilih vaksin,” kata dia.

Juliarty yang juga Juru Bicara Satgas COVID-19 Balikpapan itu merasa perlu menyampaikan hal tersebut karena masyarakat boleh memilih vaksin.

"Jadi seandainya tidak berkenan dengan vaksin Moderna, misalnya, yang bersangkutan boleh melewatkan gilirannya untuk menunggu vaksin yang diinginkannya," katanya.

Pada Kamis (26/8), vaksinasi terpusat di Gedung Dome menggunakan vaksin Moderna, yaitu untuk 2.500 orang dengan nomor urut pendaftaan 7.001-9.500.

“Jika ada yang tidak ingin divaksin Moderna maka vaksinasinya tertunda. Menunda berarti kesempatan untuk menambah imunitas tubuh juga tertunda, padahal wabah masih berlangsung. Karena itu kami sampaikan bahwa vaksin terbaik saat ini vaksin yang ada,” kata dia.

Ia juga menambahkan bahwa vaksin Moderna memiliki efikasi (khasiat) tinggi. Sudah seminggu ini juga para tenaga kesehatan mendapatkan Moderna sebagai vaksinasi penguat.

“Alhamdulillah, semua baik-baik saja,” kata dia.
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021