Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kalimantan Timur terus memberikan peluang bagi BUMDes masuk dalam jaringan UMKM binaan mitra kerja Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), yakni PT Pertamina dan Bank Indonesia.


Kepala DPMPD Kaltim HM Syirajuddin mengatakan Provinsi Kaltim akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BII) sehingga menjadi momentum yang baik untuk mendukung kemajuan BUMDes di Kaltim.

"Karena itu, Pemprov Kaltim melalui DPMPD mendukung penuh BUMDEs terlibat aktif Gernas BBI. Apalagi Kaltim ditetapkan tuan rumah kegiatan yang akan dilaksanakan Oktober 2021 mendatang," Kata M Syirajudin di Samarinda, Kamis.

Syirajudin menjelaskan sekitar 26 BUMDes yang sudah memiliki produk unggulan sesuai data yang disampaikan bisa berpartisipasi.

Selanjutnya, pembinaan dilakukan produk yang dikembangkan BUMDes semakin berkualitas dan cakupan promosinya semakin luas.

Untuk diketahui, di Provinsi Kaltim, Gernas BII menjadi momentum baik mendukung kemajuan BUMDes di Kaltim. Dari 841 desa terdapat 778 BUMDes aktif dengan berbagai unit usaha yang dikembangkan.

Sebelumnya Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Kemendes PDTT Herlina Sulistyorini mengatakan kegiatan tindaklanjut arahan Kemendes PDTT terkait peningkatan peran aktif BUMDes/BUMDes Bersama dalam rangkaian Germas BBI di Provinsi Kaltim.

"Ini sebagai bagian penguatan kapasitas yang dilakukan Pemda, Pertamina dan Bank Indonesia," kata Dirjen Kemendes PDTT Herlina Sulistyorini
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021