Hujan di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, sejak Subuh hingga menjelang siang, tak menyurutkan semangat bupati, pejabat, hingga warga setempat dalam mengikuti Upacara Peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.


"Alhamdulillah, meski dalam kondisi hujan rintik, namun tidak menyurutkan semangat para undangan dan peserta upacara mengikuti peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI hari ini," ujar Bupati PPU Abdul Gafur Mas'ud di Penajam, Selasa.

Upacara tersebut digelar secara sederhana di taman depan Kantor Bupati PPU, yakni taman yang baru selesai dibangun tahun 2021 ini.

Abdul Gafur Mas’ud yang lebih akrab disapa AGM ini bertindak sebagai inspektur upacara. Hadir dalam upacara tersebut antara lain Wakil Bupati PPU Hamdam, Ketua DPRD PPU Jhon Kenedy.

Kemudian Kapolres PPU AKBP Hendrik Hermawan, Dandim 0913/PPU Letkol Infanteri Dharmawan, Ketua TP-PKK Kabupaten PPU Risna Rais Abdul Gafur, sejumlan pejabat Muspida dan undangan lainnya di lingkungan Pemkab PPU.

Upacara HUT Ke-76 RI ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan ketat karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Alasan prokes ini pula sehingga peserta upacara pun terbatas, hanya terdiri TNI, Polri, Damkar, dan Satpol di lingkungan Pemkab PPU.

Upacara dimulai pukul 09.30 Wita, ditandai dengan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Ketua DPRD Kabupaten PPU, kemudian pengibaran duplikat Bendera Pusaka oleh Paskibraka Kabupaten PPU.

Di akhir upacara, AGM menyerahkan sejumlah penghargaan berbagai inovasi dan juara lomba kepada sejumlah pihak, baik lomba tingkat provinsi maupun tingkat kabupaten yang diikuti sebelumnya.

Pihak yang menerima penghargaan ini antara lain Desa Bukit Raya sebagai juara 2 bidang administrasi pemerintahan tingkat provinsi, Desa Gunung Intan memperoleh juara 3 kategori Tehnologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kaltim.

Pada tingkat Kabupaten PPU, AGM memberikan penghargaan kepada Kelurahan Saloloang sebagai peringkat 1 bidang administrasi, Desa Babulu Darat sebagai peringkat 2, dan Desa Sesulu menempati peringkat 3.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021