Pecinta Vespa yang tergabung dalam Suka Vespa (Save) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur, mendonasikan buku, tas, dan alat tulis untuk SDN 005 Filial yang jauh dari daerah perkotaan.


"Terdapat 43 tas sekolah beserta alat tulis dan buku yang kami sumbangkan hari ini untuk siswa SDN 005 Filial Penajam," ujar Koordinator Save PPU Yusuf Efendi di SDN 005 Filial, Minggu.

SDN ini berada di kawasan terpencil dalam Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU, yakni dengan jarak 56 km dari Penajam atau berjarak 29 km dari simpang empat Jalan Provinsi, Sotek.

Jarak sejauh 56 km inilah yang harus ditempuh oleh komunitas Save PPU untuk menuju SDN 005 Filial Penajam.

Jarak sejauh ini belum termasuk pecinta lain yang turut bergabung ke sekolah rintisan tersebut, karena ada pecinta Vespa dari Kota Balikpapan dan dari Kabupaten Paser yang ikut bergabung, sehingga total ada 30 Vespa yang ditunggangi oleh 45 orang.

Menurut Yusuf, meski jalan yang ditempuh cukup jauh dengan kondisi jalan rusak, ditambah melalui jalur logging sepanjang 29 km sehingga badan sakit dan lelah, namun kelelahan ini terobati setelah melihat keceriaan anak-anak menerima bantuan.

Selain donasi tas beserta isinya dari komunitas pecinta Vespa, ada juga donasi lain dari komunitas Gemar Belajar (Gembel) Kabupaten PPU, yakni sekitar 1.000 buku bacaan plus dua rak buku.

"Tas beserta isinya, 1.000 buku, dan dua rak tersebut merupakan sumbangan dari pihak lain yang kami serahkan hari ini. Rak buku ini dari bahan besi yang langsung kami rakitkan," ujar Koordinator Gembel PPU Achmad Fitriady.

Buku bacaan tersebut diharapkan bisa menjadi bahan untuk mencerdaskan siswa SD Filial, termasuk bermanfaat bagi warga setempat, karena buku yang disumbangkan juga berisi tentang buku cerita dan pengetahuan umum.

Pewarta: M Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021