Samarinda (ANTARA  Kaltim) - Mobil Perpustakaan Keliling di Badan Perpustakaan Provinsi (Bapusprov) Kaltim pada 2013 akan ditambah satu unit sehingga total menjadi tiga unit, dalam upaya menambah jangkauan pelayanan.

"Saat ini kami baru memiliki dua unit Mobil Perpustakan Keliling sehingga daerah yang kmi layani terbatas, maka dengan adany penambahn satu unit lagi pada 2013, tentuny pelayanannya akan meluas," ujar Kepala Bidang Informasi dan Otomasi Bapusprov Kaltim, Taufik, di Samarinda, Senin.

Selama ini, katanya, kawasan yang dapat dijangkau perpustakaan keliling Kaltim dengan dua unit mobil itu, baru sekitar empat daerah seperti sejumlah titik di Kota Samarinda, Balikpapan, Bontang, dan beberapa titik di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Sebenarnya, kata dia, Bapusprov Kaltim ingin menjangkau semua daerah pinggiran di Kaltim, namun karena letak geografis yang sangat jauh dan sulit dijangkau, maka pihaknya hanya dapat melayani di empat daerah tersebut. Jika nanti sudah ada tiga mobil, otomatis jangkauannya bertambah.

Jangkauan yang dilakukan selama ini, setiap minggu dilakukan kunjungan perpustakaan keliling sebanyak tiga kali, sehingga dalam satu bulan terdapat empat kali kunjungan rutin.

Pada minggu pertama, kunjungan dilakukan untuk kawasan satu arah pada jalan poros Samarinda-Balikpapan, yakni meliputi Kelurahan Karingau, Balikpapan untuk hari pertama, Kelurahan Kuala Kecamatan Samboja, Kukar hari kedua, dan di Kecamatan Sangasanga, Kukar pada hari ketiga.

Kemudian pada minggu kedua dilakukan kunjungan di Kabupaten Kukar, yakni di Desa Loleng, Hulu Mahakam pada hari pertama, Desa Kota Bangun Ilir, Kota Bangun pada hari kedua, dan Kecamatan Loa Janan Ilir pada hari ketiga.

Selanjutnya kunjungan pada minggu ketiga diarahkan pada jalur Samarinda-Bontang, yakni Kelurahan Lok Tuan, Bontang pada hari pertama, Marang Kayu, Kukar pada hari kedua, dan Desa Mekar Sari Kecamatan Prangat, Kukar pada hari ketiga.

Sedangkan pada minggu keempat, kunjungan mobil perpustakaan keliling dilakukan di sejumlah titik di Kukar-Samarinda, yakni Panti Sosial Karya Wanita, Samarinda pada hari pertama, Kutai Lama, Kukar hari kedua, dan Lembaga Permasyarakatan Jl. Sudirman Samarinda pada hari ketiga.

"Masih ada beberapa titik baik di Samarinda, Balikpapan, Kukar, dan Bontang yang belum bisa dijangkau karena keterbatasan sarana, semoga dengan bertambahnya satu mobil nanti jangkauanny dapat bertambah karena pengunjung perpustakaan keliling sangat banyak," kata Taufik. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012