Dua desa di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dipastikan menjadi desa mandiri, kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat Usep Supriyatna.

"Dua desa di Kecamatan Penajam dipastikan naik status dari maju menjadi mandiri," ujar Usep Supriayatna di Penajam, Jumat.

Peningkatan status desa maju menjadi desa mandiri tersebut, tambahnya, berdasarkan penilaian tim P3MD (program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa).

Penilaian IDM (indeks desa membangun) 2021 di Kabupaten Penajam Paser Utara baru rampung di dua kecamatan yakni, Kecamatan Penajam dan Waru.

Berdasarkan nilai indikator IDM yang meliputi ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan ungkap Usep Supriyatna, seluruh desa di Kecamatan Penajam dan Waru mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

"Dua desa di Kecamatan Penajam yaitu, Desa Giripurwa dan Sidorejo akan naik status dari desa maju menjadi desa mandiri," ucapnya.

Sedangkan Desa Bukit Subur d wilayah Kecamatan Penajam masih bertahan sebagai desa maju sebab aksebilitas terhadap fasilitas sosial dan ekonomi perlu intervensi atau tindakan perubahan yang lebih tajam.

Kecamatan Penajam bakal menambah dua desa mandiri, dan sebelumnya sudah ada tiga desa mandiri di Kabupaten Penajam Pase Utara.

"Desa Babulu Darat, Sukaraja serta Girimukti statusnya sudah mandiri, kemudian Desa Sidorejo dan Giripurwa juga akan naik statusnya jadi mandiri," jelas Usep Supriyatna.

Indeks desa membangun kata dia, merupakan produk Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

IDM tersebut digunakan untuk mengukur efesiensi dana APBdes (anggaran pendapatan belanja desa) dalam membangun desa.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021