Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 260 atlet ambil bagian pada Kejuaraan Menembak "Metal Silhouette" 30 meter dalam tiga posisi di lapangan panahan kompleks olahraga Rondong Demang Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu.

Adapun jenis senapan yang digunakan pada kejuaraan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (HPN) di Kukar itu adalah senapan angin kaliber 4,5 cm cal 0.177 inci.

Ketua pelaksana event itu Ahyani, yang juga Kepala Dinas Perhubungan Kukar mengatakan kejuaraan menembak tersebut terbagi dalam tiga kelas, yaitu Pre Charge Pneumatic (PCP) yang diikuti 100 peserta. Kemudian kelas Per Pompa atau Gejluk  dengan 100 peserta, dan kelas beregu atau komunitas diikuti 20 regu dengan jumlah 60 orang.

"Peserta bersal dari klub maupun perorangan dari Balikpapan, Samarinda, Paser, serta tentunya atlet tuan rumah (Kukar.red)," katanya pada pembukaan Kejuaraan Menembak itu.

Dikatakannya selain untuk memperingati HPN, kegiatan  yang berlangsung dua hari itu merupakan lanjutan dari Kejuaraan Menembak Erau lalu, serta masih dalam rangka memeriahkan hari jadi Tenggarong ke 230.

Kejurbak itu menurutnya diharapkan dapat mencetak bibit atlet handal. Untuk itu, Ia berharap agar Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin Kukar) dan Perbakin Kaltim umumnya dapat memanfaatkan kegiatan itu untuk penyaringan atau pemanasan atlet mengikuti Kejuaraan Open Kaltim Piala Awang Faroek Cup (AFC) di Balikpapan mendatang.

Sementara Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf saat membuka Kejuaraan Menembak itu menyambut baik kegiatan tersebut, karena dapat digunakan sebagai ajang mengukur kemampuan para atlet.

Ia berpesan agar kegiatan serupa bisa sering dilaksanakan, tanpa harus pada HPN.

"Sering-sering buat event seperti ini, khususnya untuk atlet pemula atau pelajar, guna pengkaderan untuk menelurkan petembak Kukar yang handal untuk mengharumkan nama daerah diberbagai kejuaraan," harap Ghufron yang juga gemar olahraga menembak itu.

Acara pembukaan Kejuaraan Menembak itu juga dihadir Ketua KONI Kukar Abdul Rasyid, dan perwakilan Polres Kukar. Pembukaan ditandai dengan aksi menembak balon oleh Wabup HM Ghufron Yusuf dan Kadishub Ahyani, yang diikuti undangan lainnya. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012