Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor menegaskan Kaltim akan membentuk lebih banyak sekolah-sekolah kejuruan dibanding sekolah umum untuk jenjang pendidikan tingkat atas.


"Pemprov akan perbanyak dan persiapkan SMK untuk anak-anak kita," kata Gubernur Isran Noor di Samarinda, Minggu.

Menurut dia, sekolah kejuruan sangat strategis guna membangun dan mempersiapkan tenaga-tenaga terampil, ahli serta kompeten di bidang ketenagakerjaan.

Maka, Pemprov akan terus mempersiapkan fasilitas (sekolah) dilengkapi sarana dan prasarana sesuai bidang kejuruan yang dikembangkan.

"Saya tidak ingin SMK itu terkesan sisa siswa-siswi SMA, sebab tidak lulus atau tidak diterima," jelasnya.

Ke depannya, SMK di Kaltim harus menjadi idola dan pilihan utama para anak didik untuk bersekolah.

Namun, ujar mantan Bupati Kutai Timur ini, terpenting adalah menyiapkan dan membangun sekolah kejuruan dengan berbagai fasilitas lengkap dan sangat layak, sehingga lulusannya mudah diserap pasar kerja.

"Maka, gedung sekolah harus dilengkapi fasilitas pendukung yang berstandar. Laboratorium atau ruang praktek harus tersedia peralatan berkualitas sesuai bidang keterampilan dan keahlian (program/praktek studi) yang diajarkan," ungkap Isran Noor.

Terlebih lagi, tegasnya, Kaltim saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi ibukota negara NKRI, maka SDM yang dimiliki harus pula memiliki kompetensi, keahlian kerja dan terampil sehingga berdaya saing.

"Kita tidak ingin putra putri lokal kalah dengan para pendatang di IKN nantinya. Dan, anak-anak Kaltim harus lebih banyak terlibat membangun daerah dan IKN," harap Isran Noor.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021