Satu kecamatan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, yakni Sambutan, sudah memasuki zona hijau COVID-19 setelah hampir seluruh wilayah di Ibu Kota Provinsi Kaltim tersebut pernah masuk dalam zona merah pandemi virus corona jenis baru itu.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda Ismed Kusasih menyatakan perkembangan kasus COVID-19 di wilayah setempat mulai terjadi penurunan dengan bukti dari sepuluh kecamatan yang ada, sembilan kecamatan memasuki zona kuning dan satu kecamatan masuk dalam zona hijau.

"Kami bersyukur dengan perkembangan ini, tentunya ini menandakan kinerja Satgas COVID-19 Samarinda sepanjang ini sudah sangat baik dan sudah sesuai prosedur," kata Ismed Kosasih di Samarinda, Selasa.

Ia mengakui bahwa untuk total kasus pandemi khusus wilayah Kaltim, Kota Samarinda dalam urutan kedua di bawah Kota Balikpapan dengan jumlah total penderita sebanyak 13.252 pasien dan pernah melakukan perawatan pasien COVID-19 lebih dari 1.000 orang.

Dalam perkembangannya, perlahan Kota Samarinda mulai menunjukkan perkembangan positif dan saat ini pasien COVID-19 yang masih menjalani perawatan tinggal 122 orang.

Ia menjelaskan untuk sembilan kecamatan lainnya telah memasuki zona kuning, Kecamatan Samarinda Ulu masih menjadi kecamatan dengan jumlah pasien COVID-19 terbesar di Kota Tepian itu dengan 20 pasien.

"Paling kecil ada, Samarinda Ilir dan Sungai Pinang, masing-masing memiliki dua pasien terdaftar dan kemungkinan akan menyusul Sambutan juga menjadi zona hijau," kata Ismed Kosasih.

Hingga Selasa (18/5), total kasus COVID-19 di Samarinda mencapai 13.252 kasus, dengan jumlah pasien sembuh mencapai 12.819 orang, 82 orang masih menjalani perawatan, dan 351 orang dinyatakan meninggal dunia.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021