Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada masyarakat yang akan berkunjung ke lokasi wisata Museum Negeri Mulawarman, Tenggarong.
 

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak mengatakan pengunjung Museum Negeri Mulawarman diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat di area museum yang diatur oleh pengelola.

"Kebijakan ini demi kenyamanan dan keamanan pengunjung yang ingin menikmati objek wisata budaya dan edukasi Museum Negeri Mulawarman. Agar mereka terhindar dari bahaya penularan COVID-19 yang masih mengancam di sekitar kita," kata Andi Muhammad Ishak, di Samarinda, Senin.

Andi Muhammad Ishak menyebutkan dalam surat yang ditandatangani Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kutai Kartanegara, mewajibkan di area wisata Museum Negeri Mulawarman harus dalam keadaan bersih dan steril, tersedia sarana cuci tangan pakai sabun (CTPS).

Selain itu juga diterapkan pengaturan jarak di antrian loket, jumlah pengunjung tidak lebih dari 50 persen dari kapasitas tampung museum, serta menyediakan tempat sampah pijak dan hand sanitizer di setiap pintu masuk ruangan.

Selanjutnya, bagi pengunjung juga diwajibkan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum masuk ke museum.

Para pengunjung juga diwajibkan menjaga jarak (physical dan social distancing), memakai masker, serta tidak diperkenankan melakukan aktivitas makan dan minum selama di dalam museum.

"Bagi pengelola diwajibkan untuk menyediakan alat cek suhu tubuh, hand sanitizer, masker cadangan untuk pengunjung yang tidak memakai masker, menunjuk petugas untuk melakukan pengawasan terhadap pengunjung, serta melakukan desinfektanisasi/sterilisasi di seluruh area museum segera setelah jam kunjungan selesai," kata Andi M Ishak.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021