Samarinda  (ANTARA Kaltim) - Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) akan memberangkatkan tiga relawan ke Gaza, Palestina, pada 27 November 2012 hingga waktu yang belum ditentukan.

Dalam siaran pers yang diterima ANTARA, Jumat, Direktur Program KNRP Pusat Ali Amril mengatakan, tiga orang relawan yang akan diberangkatkan adalah Ketua Umum KNRP Suripto SH, Pembina KNRP Wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Saifunsyah, dan Ketua KNRP Wilayah DI Yogyakarta Dr Wajdi.

"Kami sengaja mengirimkan para tokoh KNRP Wilayah dari daerah-daerah yang memiliki sejarah perjuangan melawan penjajah. Hal ini sebagai dukungan moral Indonesia sebagai bangsa yang pernah mengalami penjajahan dan perjuangan bersenjata seperti saudara kami di Palestina," ujar Ali Amril.

Rombongan relawan KNRP akan membawa bantuan dana yang dikumpulkan dari para donatur di Indonesia. Ali Amril menambahkan, bantuan itu murni merupakan sumbangan rakyat Indonesia, seperti dari pengusaha, pejabat tinggi di daerah dan pusat hingga supir angkot dan tukang parkir.

Ketua Umum KNRP Suripto, menyatakan bantuan dari Indonesia itu akan diberikan dalam bentuk uang. "Nanti pemerintah Palestina di Gaza yang akan membelanjakannya. Mereka lebih tahu kebutuhan masyarakat di sana," ujarnya.

Para relawan KNRP rencananya akan memasuki Gaza bersama rombongan Komisi I DPR RI dan beberapa lembaga kemanusiaan lain dari Indonesia seperti Dompet Dhuafa, Rumah Zakat Indonesia, Bulan Sabit Merah Indonesia dan Spirit Al Aqsha.

Seperti diketahui, Israel menggempur Gaza di Palestina sejak pekan lalu. Dalam serangan selama delapan hari itu telah mengakibatkan 140 orang warga tewas dan banyak gedung runtuh. Israel dan Palestina telah menyepakati gencatan senjata yang ditengahi oleh Mesir pada Rabu (21/11) malam.

Ali Amril menambahkan, bagi masyarakat yang masih ingin menyumbangkan dana bagi rakyat Palestina dapat dikirim melalui rekening BCA 760 032 5099 a.n Komnas untuk Rakyat Palestina atau melalui rekening Bank Syariah Mandiri 701 836 2133 a.n Komnas untuk Rakyat Palestina.

"Semoga bantuan kita dapat meringankan beban rakyat Palestina, dan memberi keberkahan bagi bangsa Indonesia sendiri," ujar Ali Amril. (*)

Pewarta: Arief

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012