Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - Bupati Berau Makmur HAPK melakukan sosialisasi pelimpahan sebagian kewenangan Bupati kepada Camat di Balai Mufakat, Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, Selasa.

Dalam sambutannya, Bupati Makmur mengatakan, sosialisasi tersebut memiliki nilai penting untuk mengapresiasi visi dan persepsi di antara komponen terkait, dalam program pembangunan di Bumi Batiwakkal.

"Melalui ini sosialisasi ini, aparatur di daerah diharapkan senantiasa dapat mengetahui sejauh mana tingkat kemajuan pelaksana proses pembangunan secara langsung di masing-masing kecamatan," katanya.

Hadir dalam sosialisasi itu antara lain Wakil Bupati Berau Ir H Ahmad Rifai MM, Sekkab Berau, Jonie Marhansyah MM, asisten dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Berau, termasuk 13 camat yang nantinya akan melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan Bupati.

Sosialisasi tersebut dilakukan oleh Kasubdit Fasilitas Kecamatan, Dirjen Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Frans Loway.

"Priorirtas utama sasaran pembangunan saat ini adalah percepatan laju perekonomian yang berbasis masyarakat, sehingga segala upaya yang akan dicapai hendaknya menjadi kesepakatan bersama," kata Bupati Makmur.

Pasalnya, lanjut dia, poin penting dalam program yang dijalankan pemerintah adalah upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat yang akn dengan mudah dicapai.

"Oleh sebab itu, untuk mendukung ini kita harus mengutamakan program-program yang erat kaitannya dengan upaya perbaikan ekonomi masyarakat secara luas," katanya.

Melalui forum sosialisasi rencana pelimpahan kewenangan tersebut, Makmur juga berharap kepada seluruh jajaran aparatur kecamatan untuk bekerja dengan maksimal sehingga program pelimpahan kewenangan yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 32/2004 dapat berjalan dengan baik.

Koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, dikatakan Makmur juga begitu penting, karena seiring pelimpahan yang dilakukan juga ada pengurangan kewenangan di tingkat SKPD.

Makmur juga berharap pelimpahan kewenangan yang dilakukan dapat mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat.

"Harapan kami, semua dipersiapkan, untuk membentuk pelayanan adminsitrasi terpadu di masing-masing kecamatan," harapnya. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012