Pemerintah Kabupaten Paser memberikan penghargaan kepada 100 tokoh wanita inspirasi, bertepatan dengan peringatan ke-92 Hari Ibu di Pendopo Kabupaten, Selasa (22/12) 


Penghargaan tersebut diserahkan  Staf Ahli Bupati Paser Bidang Kesejahteraan Rakyat drh. Boy Susanto kepada sepuluh perwakilan   penerima penghargaan pada tahun 2020. 

Kegiatan tersebut digagas Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Paser.

Dari 100 tokoh yang diberikan penghargaan salah satunya Wakil Bupati Paser terpilih pada pilkada 2020  Masitah Assegaf dan Asisten Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Ina Rosana.

“Selamat kepada para penerima penghargaan, semoga dapat menginspirasi wanita-wanita lainnya,” kata drh. Boy Susanto 

Menurut Boy, peringatan hari ibu, adalah tonggak perjuangan perempuan  Indonesia dalam mengambil peran di setiap pembangunan.

Namun disayangkan jika perempuan tidak diikutsertakan dalam mengakses, berpartisipasi, menentukan arah serta menikmati manfaat pembangunan. 

Kepala DP2KBP3A Paser Hadijah mengatakan penghargaan diberikan untuk memotivasi perempuan agar terus berkarya di berbagai bidang kehidupan.

“Kita memberikan motivasi kepada ibu di Paser agar dapat bangkit dalam segala bidang,” kata Hadijah.

Ia berharap, meski saat ini masih pandemi COVID-19, perempuan di Paser dapat meningkatkan kapasitasnya baik sebagai ibu rumah tangga, pengusaha, maupun yang bekerja di bidang lainnya.

“Kami harap ibu-ibu terus termotivasi untuk bisa berkarya dan bekerja semaksimal mungkin dalam rangka untuk keluarganya,” ujarnya.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Paser Ina Rosana menilai saat ini perempuan memiliki peran dalam penggerak ekonomi keluarga. 

“Perempuan, atau ibu-ibu rumah tangga, membantu ketahanan ekonomi keluarga mereka. Contohnya usaha kecil di rumah dengan membuka warung,” ujar Ina.

Ia berharap peran perempuan semakin nyata dan terbuka luas untuk berkiprah di berbagai sektor, penghargaan diharapkan dapat membuat perempuan semakin semangat untuk pembangunan Kabupaten Paser.
 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020