Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mendukung pengembangan Program Centre of Excellence Village (CoEV) atau Pusat Keunggulan Inovasi Desa serta Akademi Desa/Kampung SIGAP di Kaltim.
 

Gubernur Kaltim Isran Noor mengatakan program tersebut rencananya diluncurkan pada 18 Desember 2020 oleh Menteri Desa dan Bappenas.

Menurut Isran program tersebut dinilai penting dan strategis untuk mengoptimalkan keterlibatan aktif dari para champions di tingkat lokal, regional maupun global untuk mendokumentasikan pembelajaran dan praktik terbaik inovasi desa di Indonesia.

Program ini merupakan kerja sama antara DPMPD Provinsi Kaltim, Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) bersama Sanggar Inovasi Desa, Yogyakarta, didukung Kementerian Desa PDTT, PPN Bappenas dan UNOSSC.

“Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi dan mendukung Program CoEV ini. Diharapkan mampu berjalan baik, mendorong pertumbuhan desa yang unggul menuju maju dan mandiri,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor,Rabu.

Isran menyebutkan Kaltim memiliki 841 desa tersebar di berbagai pelosok wilayah, dan terus berupaya mendorong percepatan pembangunan desa sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari visi dan misi Kalimantan Timur Berdaulat.

Untuk itu, Pemprov Kaltim sangat mendukung berbagai upaya dan inisiatif untuk mendorong Pusat Keunggulan Inovasi Desa dan Akademi Desa/Kampung SIGAP.

Mendorong percepatan pembangunan desa, Pemprov Kaltim mendorong lahirnya dukungan dan kolaborasi para pihak, pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi dan lembaga riset, swasta dan pihak ketiga serta mitra pembangunan lain untuk secara bersama-sama mewujudkan desa maju dan mandiri.

Program SIGAP yang bersinergi dengan para pihak dan telah dilaksanakan di Kabupaten Berau dan beberapa desa di kabupaten lainnya, telah menunjukkan hasil positif berdampak peningkatan IDM (Indeks Desa Mandiri) di Kaltim.

Harapan kami, Program CoEV dan Akademi Desa/Kampung SIGAP yang akan dilaksanakan ini dapat berjalan baik demi mendorong lahirnya sebuah model desa unggul dan inovatif dalam melaksanakan pembangunan desa.

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020