Balikpapan  (ANTARA News Kaltim) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggelar pameran paket perjalanan wisata Kalimantan di Mal Balikpapan Superblok (BSB), Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (7/9) hingga Minggu (9/9).

Pameran itu bertajuk Borneo Travel Fair dan diikuti 13 biro perjalanan wisata para anggota Asosiasi Agen Perjalanan dan Wisata (Asita) Kalimantan Timur.

Garuda juga menggandeng sesama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk berpartisipasi, BNI 46 dan PT Telkom.

Meski bertajuk Borneo Travel Fair, para biro perjalanan anggota Asita memanfaatkan ajang ini untuk menawarkan paket-paket perjalanan ke dalam maupun luar negeri, sesuai dengan kota-kota yang diterbangi Garuda dari Balikpapan.

"Semoga juga bisa mendongkrak kunjungan ke Kalimantan Timur, terutama kunjungan wisata," kata Setya Budhi, General Manager PT Garuda Indonesia Tbk cabang Balikpapan.

Berikutnya, jumlah perjalanan yang meningkat diharapkan berdampak pula kepada isian penumpang di pesawat-pesawat Garuda.

Ketua Asita Kaltim Eddy Yusuf Assainar mengatakan upaya sejumlah pelaku binis untuk menggairahkan sektor pariwisata, khususnya Garuda, BNI, serta Telkom menjadi contoh yang baik untuk perkembangan pariwisata maupun perekonomian.

"Apalagi kini sudah ada rute Balikpapan-Singapura, jadi kami harapkan bukan hanya wisatawan domestik, tapi juga wisatawan asing juga datang ke Balikpapan, atau ke tempat-tempat lain di Kalimantan Timur," harap Assainar.

Di sisi lain, Wakil Wali Kota Balikpapan Heru Bambang menyebutkan, Balikpapan memang sangat mengandalkan sektor pariwisata untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Karena itu, Pemkot Balikpapan kini serius membenahi sejumlah fasilitas atau infrastruktur pendukung pariwisata.

Tempat kunjungan wisata andalan Kota Balikpapan yang kini tengah dikembangkan adalah Pantai Manggar, Kawasan Mangrove di Kariangau, dan pasar cenderamata di Kebun Sayur, Balikpapan Barat.

Balikpapan memiliki banyak jenis wisata. Ada wisata alam, petualangan, dan ilmu pengetahuan seperti di Hutan Lindung Sungai Wain, di Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup di mana ada beruang madu, hewan maskot kota Balikpapan, wisata bahari di Pantai Manggar dan Lamaru, hingga wisata sejarah, ada makam serdadu Jepang yang tewas di Perang Dunia II, ada Tugu Australia, juga Monpera.

"Jangan lupa, juga ada wisata kuliner seperti menu kepiting dan ikan bakar khas Balikpapan," papar Wakil Wali Kota panjang lebar. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012