Bontang  (ANTARA News Kaltim) - Embarkasi Balikpapan Kalimantan Timur untuk musim haji 2012 akan memberangkatkan 5.332 calon haji (calhaj) yang tergabung dalam 15 kelompok terbang (kloter), asal daerah Kaltim, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Utara.

"Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Wakil Gubernur Farid Wadjdy dihadiri Kantor Kementerian Agama dan Kepala Bagian Sosial se-Kalimantan Timur diperoleh informasi bahwa tahun ini melalui Embarkasi Balikpapan akan diberangkat 5.332 calon haji," kata Kepala Bagian Sosial Kota Bontang, Sudirman, di Bontang, Jumat.

Kuota Kaltim masih ada kemungkinan akan bertambah seiring tambahan kuota haji bagi Indonesia sebanyak 30 ribu calhaj.

"Secara nasional Indonesia mendapat tambahan kuota sebanyak 30 ribu dari pemerintah Arab Saudi, dan menurut Wagub akan diinformasikan pada tanggal 7 atau 8 September ini kepada kota dan kabupaten se-Kaltim," ujar Sudirman.

Dari data sementara ini terdapat 223 calon haji Kaltim yang undur diri karena meninggal, sakit, hamil dan tidak mampu melunasi biaya ongkos naik haji yang telah ditetapkan yang akan digantikan oleh calhaj yang telah masuk daftar tunggu.

"Mereka yang berangkat tahun ini rata-rata telah menunggu keberangkatan 8-9 tahun," katanya.

Sudirman lebih lanjut menjelaskan bahwa Kota Bontang pada 2012 mendapat alokasi kuota haji sebanyak 130 orang.

"Calon haji asal Bontang akan tergabung dalam kloter 15 gelombang kedua bersama sisa calhaj yang tidak terangkut bersama asal empat daerah lainnya yakni Samarinda, Balikpapan, Kutai Kertanegara, Malinau," kata Sudirman.

Kloter ini akan tiba di Asrama Haji Batakan Balikpapan pada 16 Oktober dan 17 Oktober kloter akan terbang ke Tanah Suci, dan akan menempati penginapan Asrama Syai Ummul Quro.  (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012