Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Kelompok terbang (kloter) pertama calon haji asal Provinsi Kaltim harus berkumpul di Asrama Haji Batakan, Balikpapan, pada 20 September, selanjutnya mereka akan berangkat menuju tanah suci Mekkah pada 21 September 2012.

"Kloter pertama yang berangkat dari Embarkasi Haji Balikpapan ini dijadwalkan pulang dari Saudi Arabia pada 31 Oktober," ujar Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) HM Kusasi di Samarinda, Jumat.

Dia melanjutkan, total kloter yang berangkat melalui Embarkasi Haji Balikpapan atau dari Bandara Internasional Sepinggan, Balikpapan, jumlahnya mencapai 15 kloter, sedangkan total calon jamah haji yang diberangkatkan dari Kaltim sebanyak 5.227 orang ditambah 53 panitia haji.

Dari 15 kloter yang sudah ditetapkan tersebut, delapan kloter di antaranya merupakan kelompok yang murni diisi oleh calon jamaah haji asal Kaltim, sementara calon jamaahnya sebanyak 2.819 orang atau sesui dengan kuota yang ditetapkan.

Jamaah haji asal Kaltim akan menempati kloter 1, 2, 3, 6, 7, 13, 14 dan 15, sedangkan kloter lainnya diisi calon jamaah haji asal Sulawesi Utara (Sulut) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) yang bergabung dalam Embarkasi Balikpapan.

Jamaah dari dua provinsi itu akan berangkat pada kloter 4, 5, 8, 9, 10, 11 dan 12. Namun pada kloter 5 dan 12 akan ada pencampuran jamaah asal Kaltim, Sulut, dan Sulteng.

Jamaah yang berangkat dari Embarkasi Balikpapan masing-masing kloter akan menempati pemondokan di sejumlah titik di Mekkah, seperti kawasan Mahbas Jin, Aziziyah, Misfalah, Ma'Abdah, Jarwal, Bahutmah, Haffair, dan Syar'i Ummul Qurro.

Jarak tempuh terjauh dari pemondokan tersebut menuju Masjidil Haram berkisar 2,5 km. jarak tempuh tersebut dinilai tidak terlalu jauh karena ada jamaah asal daerah lain yang lokasinya lebih jauh.

Untuk jadwal pemulangan jamaah haji juga tetap dibagi dalam 15 kloter atau sama dengan ketika berangkat. Hal ini dilakukan untuk mempermudah para jamaah dan panitia.

Jika pada kloter pertama berangkat pada 21 September, maka pada kloter 15 atau kloter terakhir dijadwalkan masuk Asrama Haji pada 16 Oktober, berangkat pada 17 Oktober, dan pemulangannya dari Saudi Arabia pada 26 November.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012