Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur terus menggiatkan kampanye protokol kesehatan dengan menyebar brosur dan poster sebagai upaya pencegahan pandemi COVID-19 hingga ke pelosok desa.
 

Kepala Biro Humas Setda Provinsi Kaltim Syafranuddin di Samarinda, Senin, mengatakan penyebaran virus corona semakin meluas dan tidak hanya merambah wilayah perkotaan saja, di seluruh penjuru Kaltim juga sudah terjadi penularan.

"Kami terus bergerak membagikan brosur dan menempelkan poster terkait protokol kesehatan hingga wilayah desa," kata Syafranuddin.

Dalam kampanye tersebut pihaknya mendorong masyarakat agar sadar akan manfaat protokol kesehatan, baik bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan, yakni dengan menerapkan 3M, menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Poster ajakan untuk menggiatkan budaya hidup sehat dipasang di tempat-tempat strategis agar masyarakat memahami," katanya.

Sementara itu, Penjabat Kades Muara Bengkal Hilir, Kecamatan Muara Bengkal, Kutai Timur Bahruddin mengaku senang bisa bersinergi dengan Biro Humas Kaltim dalam penyampaian informasi terutama terkait pencegahan virus corona.

Menurutnya, sebagai kecamatan yang berkembang pesat, Muara Bengkal kerap kedatangan warga luar. Karenanya masyarakat wajib diingatkan akan bahaya COVID-19.

“Apa yang diprogramkan Biro Humas Kaltim, kami mendukung. Oleh karena itu, poster-poster yang kami terima dipasang pada tempat-tempat strategis, bahkan di tempat warga yang akan menggelar hajatan,” bebernya.

Syafranuddin atas nama Pemprov Kaltim mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada kepala desa yang aktif melakukan kampanye menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Jubir Pemprov Kaltim itu, protokol kesehatan bukan hanya tugas aparat keamanan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan semata, tetapi tanggung jawab semua pihak.
 

“Hingga saat ini COVID-19 belum ada obatnya karenanya obat yang tepat adalah bagaimana kita menegakkan protokol kesehatan agar tidak terpapar virus corona," pungkasnya.
 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020