Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) melaksanakan kegiatan pengembangan kapasitas SDM atau capacity building bagi Purna Pasibraka Indonesia (PPI) Samarinda dan Kutai Kartanegara. 


"Capacity building merupakan proses meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan, serta sikap dan perilaku manusia. Berkembang tidaknya suatu organisasi sangat dipengaruhi adanya kepedulian dan kualitas SDM dalam menggerakkan organisasi, " kata Pelaksana Tugas Kepala Dispora Kaltim, M Agus Hari Kesuma ketika membuka acara capacity building Semangat Pemuda di Era New Normal, di Hotel Harris Samarinda, Selasa (13/10) .

Salah satu kunci utama untuk mewujudkannya adalah dengan tersedianya SDM yang berkualitas, berdaya guna, berdaya saing serta mumpuni sebagai motor penggerak organisasi.

Hakekat pembinaan generasi muda dalam pembangunan nasional bangsa Indonesia merupakan usaha untuk menyiapkan kader penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia dan manusia pembangunan yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berjiwa pancasila sebagai pandu ibu pertiwi. 

"Mari bersama berusaha optimal menciptakan perubahan, karena di tangan kalian yang memiliki energi paling besar, waktu yang longgar, serta visi idealisme tentang perubahan yang tinggi, hal tersebut dapat terwujud,"tambahnya.

Pemuda merupakan agen penggerak di hampir setiap perubahan besar didunia ini, salah satunya dapat terlihat dalam  peran besar pemuda bagi bangsa indonesia. 

Dari era revolusi kemerdekaan menuju reformasi hingga era millennial yang saat ini telah memasuki kehidupan new normal ditengah pandemi COVID-19 yang melanda seluruh penjuru dunia saat ini.

Kepada peserta yang berasal dari Purna Pasibraka Indonesia (PPI) Kota Samarinda yang hadir langsung, serta PPI Kabupaten Kutai Kartanegara yang mengikuti pembukaan secara virtual, Agus berpesan agar mereka dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai modal dalam mengarungi tantangan hidup yang akan dihadapi ke depan.

Ketua Panitia Pelaksana, Syahril melaporkan kegiatan yang diadakan dalam situasi pandemi COVID-19, dilaksanakan secara sederhana, dan mematuhi protokol kesehatan.

Adapun tema dalam kegiatan yang diangkat adalah dengan semangat pemuda di era new normal, kita dukung suksesi kepemimpinan daerah, demi kelanjutan pembangunan menuju Kalimantan Timur yang bermartabat dan sejahtera.

"Pelaksanaan kegiatan dalam rangka pembinaan Pemuda di Era New Normal agar memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara, idealisme, patriotisme dan harga diri serta mempunyai wawasan yang luas, kokoh kepribadiannya,"lapornya.

Kegiatan berlangsung sehari penuh, Senin (12/10/2020) diikuti 30 anggota PPI Samarinda dan 30 anggita PPI Kutai Kartanegara di ruang kelas yang berbeda.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020