Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan mobil pelayanan keliling Administrasi Kependudukan  (Adminduk) di halaman Kantor Gubernur  untuk lima kabupaten, yakni Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Kutai Barat, Penajam Paser Utara (PPU), dan Paser.


"Mobil ini berfungsi untuk pelayanan administrasi kependudukan, untuk memudahkan masyarakat yang saat ini masih belum bisa melakukan perekaman e-KTP karena alasan geografi yang jauh dari pusat pemerintahan," katanya saat menyerahan di Samarinda,Kamis (24/9).

Ia mengucapkan selamat kepada lima daerah yang menerima bantuan  dari Pemprov Kaltim dan berharap penggunaaan fasilitas dengan baik untuk pelayanan administrasi kependudukan di masing-masing kabupaten.

Sementara Kepala Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad mengaku rencana pemberian bantuan sudah disiapkan sejak tahun lalu.

Dia menambahkan penyerahan unit  kendaraan keliling tersebut  berdsarkan pertimbangan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh wilayah Kaltim.Termasuk menjangkau kawasan-kawasan yang masih terkendala karena alasan geografi.

Halda juga menjelaskan, mobil pelayanan adminduk tersebut dilengkapi fasilitas perekaman, pencetakan e-KTP dan dilengkapi juga dengan media untuk sosialisasi kependudukan kepada masyarakat.

“Ini sangat penting sehingga Disdukcapil di daerah bisa lebih mudah melayani masyaraka, sebab menyangkut hak sipil masyarakat yang harus dipenuhi,” beber Halda.

Apalagi, tahun ini adalah tahun Pilkada. Mereka yang akan menggunakan hak suara tentu harus memiliki NIK (Nomor Induk Kependudukan). Maka secara langsung, bantuan ini diharapkan juga bisa membantu masyarakat demi kelancaran Pilkada.

Acara serah terima bantuan mobil pelayanan Adminduk dihadiri Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud, Wakil Bupati Paser Kaharuddin, Wakil Bupati Kutai Kartanegara Chairil Anwar, dan pejabat terkait dari Kutai Timur dan Kutai Barat.
 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020