Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Kota Balikpapan berhasil menjadi juara umum dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) jenjang SMK tingkat Provinsi Kaltim yang digelar di Samarinda, 1-4 Juli 2012.

"Dalam O2SN tingkat SMK se-Kaltim ini ada lima cabang olahraga dengan sembilan mata lomba yang dipertandingkan, hasilnya adalah Balikpapan mendapat juara umum dengan tiga cabang yang dimenangkan," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim, di Samarinda, Rabu.

Juara pertama di cabang olahraga yang berhasil diraih siswa dari Balikpapan adalah Futsal, yakni diraih oleh SMK N 1, kemudian basket putra juga dari SMK N 1, dan cabang tenis meja tunggal putra dari SMK Kartika.

Kemudian siswa dari Samarinda berhasil mendapat dua kejuaraan, yakni di cabang voli putri dari SMK N 1 dan basket putri juga dari SMK N 1.

Selanjutnya SMK Bhakti Loa Janan, Kutai Kartanegara juara pertama di cabang voli putra, juara satu tenis meja tunggal putri dari SMK N 2 Kabupaten Penajam Paser Utara, juara satu bulu tangkis putra dari SMK N 2 Bontang, dan juara satu bulu tangkis tunggal putri dari SMK N 1 Sangatta, Kutai Timur.

Total hadiah atau uang pembinaan yang diberikan untuk semua pemenang, baik bagi juara satu hingga juara tiga sebesar Rp129.000.000.

Masing-masing juara pertama, lanjutnya, mendapat uang pembinaan sebesar Rp1.250.000, juara dua masing-masing mendapat Rp1.000.000, dan juara tiga tiap mata lomba sebesar Rp750.000.

Semua juara satu dari masing-masing cabang olahraga itu akan mewakili Kaltim untuk bertanding di kegiatan yang sama pada tingkat nasional, yakni yang akan digelar di Jakarta pada 8 hingga 13 Juli 2012.

Dia berharap agar dalam ajang tingkat nasional nanti, dari sembilan mata lomba yang dipertandingkan itu, beberapa di antaranya ada medali emas yang dapat direbut Kaltim meski diakui hal itu cukup berat karena persaingannya cukup tinggi.

Dia juga meminta kepada siswa yang belum berhasil mendapat juara pada O2SN tingkat Kaltim agar tidak patah semangat, karena masih banyak kegiatan sejenis yang akan digelar oleh pemerintah maupun lembaga swasta. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012