Samarinda  (ANTARA News Kaltim) - Dinas Pendidikan Provinsi Kaltim optimistis mampu meraih medali emas dari berbagai cabang olaharaga dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Palembang, Sumatera Selatan, 8-14 Juli 2012.

"Dalam Festival Seni jenjang SD hingga SMA di Mataram, NTB, pada Juni lalu, Kaltim mampu meraih dua emas dan satu perak, sehingga dalam O2SN nanti, jumlah emas yang diperoleh harus lebih dari itu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim di Samarinda, Rabu.

Dia optimistis mendapat emas karena siswa Kaltim baik dari jenjang SD hingga SMA, masing-masing memiliki potensi besar sehingga diprediksi akan mampu mengalahkan pesaingnya.

Untuk cabang olahraga jenjang SMA yang digelar di Palembang nanti, terdapat lima cabang yang dipertandingkan, yakni atletik, bulu tangkis, karate, pencak silat, dan tenis meja.

Kemudian jenjang SMP terdapat 12 cabor, dan jenjang SD ada lima cabang. Dari sekian banyak cabang olahraga tersebut, dia optimistis beberapa cabang di antaranya, medali emasnya dapat diraih Kaltim, tentunya dengan cara yang sportif.

Kontingan Kaltim, lanjutnya, akan bertolak ke Pelembang pada 7 Juli. Dia berharap agar semua atlet dan pelatih menjaga kesehatan agar dapat bertanding dengan prima. Dia juga meminta agar para atlet menjunjung tinggi sportivitas.

Dalam O2SN Tingkat Provinsi Kaltim jenjang SMA yang digelar di Samarinda mulai 9 hingga 13 Mei lalu, Kota Tarakan berhasil menjadi juara umum dengan perolehan medali enam emas dan empat perunggu.

Selanjutnya, juara kedua adalah dari Kota Balikpapan dengan memboyong empat emas, 3 perak, dan dua perunggu.

Sedangkan juara ketiga diraih oleh Kota Samarinda dengan perolehan medali tiga emas, tiga perak, dan 1 perunggu. Para juara pertama tingkat Kaltim inilah yang berangkat ke Palembang untuk mewakili Kaltim.

Mereka yang mewakili Kaltim ke tingkat nasional itu antara lain, dari cabang atletik 100 meter putra atas nama Reza Pradita dari SMAN 2 Tarakan. Di cabang atletik 100 meter putri atas nama Recel Erika dari SMAN 2 Bontang.

Untuk cabang atletik lompat jauh putra, Ricordiansyah dari SMAN I Nunukan, cabang atletik lompat jauh putri atas nama Nana Triana Astar dari SMAN 2 Tarakan.

Berikutnya cabang atletik loncat jauh putra atas nama Zainal Abidin dari SMAN I Kaliorang, Kutai Timur, dan cabang olahraga karate perorangan putra atas nama Dwi Prasetyo dari SMAN 13 Samarinda.
(*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012