Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu di Kalimantan Timur menyiapkan empat ambulans khusus untuk melayani pasien yang diduga terpapar virus corona penyebab COVID-19.


"Meski di Mahulu zona hijau karena tidak ada kasus yang positif COVID-19, namun kesiapsiagaan harus tetap kita lakukan," kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) Agustinus Teguh Santoso di Ujoh Bilang, Selasa.

Selain menyiapkan empat ambulans, Dinas Kesehatan menyiapkan satu mobil jenazah untuk mendukung pelayanan pemakaman jenazah pasien yang diduga terpapar virus corona.

Agustinus mengatakan pemerintah daerah mengadakan ambulans dan mobil jenazah khusus untuk penanganan COVID-19 karena selama ini belum ada kendaraan yang khusus disediakan untuk keperluan itu di fasilitas-fasilitas kesehatan milik pemerintah.

Ambulans khusus tersebut dua di antaranya akan disiagakan di Rumah Sakit Pratama (RSP) Gerbang Sehat Mahulu, satu di di Puskesmas Ujoh Bilang, dan satu di Puskesmas Laham. Sedangkan mobil jenazah disiagakan di RSP Gerbang Sehat.

"Untuk ambulans yang baru hanya disiagakan di dalam kabupaten, sementara ambulans lama dan memiliki dobel gardan yang sebelumnya di RSP dan puskesmas, secara khusus akan disiagakan untuk keperluan rujukan bagi pasien COVID-19," kata Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Petronela Tugan.

Ia mengatakan, ambulans khusus untuk penanganan COVID-19 dilengkapi dengan 10 set alat pelindung diri (APD) untuk petugas dan alat sterilisasi ruangan.

"Apabila ada pasien atau ada orang yang diduga terpapar COVID-19, maka akan dijemput sesuai prosedur tetap kesehatan, kemudian petugas menggunakan APD lengkap sehingga melalui ini dapat mencegah penularan," katanya.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020