Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh meminta warga mendukung upaya pencegahan COVID-19 dengan menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus corona.


"Komitmen seluruh masyarakat menerapkan anjuran pemerintah baik physical distancing (menjaga jarak fisik), pola hidup sehat, dan lainnya merupakan kunci utama mencegah COVID-19," katanya di Ujoh Bilang, Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Rabu.

Bupati mengatakan keterlibatan masyarakat sangat penting untuk mempertahankan Mahakam Ulu yang wilayahnya berbatasan dengan Malaysia, tetap berada di zona hijau penularan COVID-19.

"Masyarakat harus mematuhi aturan yang dikeluarkan pemerintah, kemudian perusahaan harus sama-sama menjaga supaya tidak mendatangkan orang luar lagi untuk sementara, lantas menjaga karyawannya untuk tidak ke luar masuk ke daerah yang terpapar COVID-19," kata Boni.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu siaga penuh mengantisipasi penularan virus corona meski sampai sekarang belum ada temuan kasus positif COVID-19 di wilayahnya.

Pemerintah Kabupaten sudah menyiapkan Tim Gerak Cepat (TGC) Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di kabupaten, puskesmas di setiap kecamatan, kecamatan, hingga kampung.

"Jika ada pelaku perjalanan dari luar daerah, tim menyediakan tempat karantina di lokasi masing-masing karena pada prinsipnya kita memang harus siap menghadapi segala kemungkinan yang ada," kata Bupati, mencontohkan kerja TGC Pencegahan dan Penanganan COVID-19.

Selain itu, pemerintah kabupaten menyampaikan penyuluhan mengenai pencegahan penularan virus corona, membentuk Pos Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan di lima kecamatan, melakukan penyemprotan disinfektan, serta membagikan vitamin dan masker kepada warga.

Bupati meminta warga segera melapor jika mengetahui ada warga yang keluar atau masuk ke wilayah Mahakam Ulu tanpa melewati pemeriksaan di Pos Pengawasan dan Pengendalian Kesehatan di pintu masuk kabupaten.

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020