Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto memimpin serah terima jabatan Komandan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) dan Komandan Korem 101/Antasari (ANT) di Aula Makodam VI/Mulawarman, Selasa (21/4).


Pelaksanaan serah terima jabatan dilaksanakan secara sederhana mengikuti protocol COVID-19 sehingga hanya dihadiri beberapa orang perwakilan pejabat Kodam VI/Mulawarman.

Jabatan Komandan Korem yang diserah terimakan  dari Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono kepada Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro.

Bersamaan dengan itu juga dilaksanakan penyerahan jabatan Komandan Korem 101/Antasari dari Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E., M Han kepada Kolonel Inf Firmansyah.

Prosesi serah terima jabatan ditandai dengan penandatanganan Pakta Integritas dan berita acara serah terima di hadapan Pangdam VI/Mulawarman. 

Kegiatan tersebut diakhiri dengan tradisi penerimaan pejabat baru dan pelepasan pejabat lama melalui prosesi penciuman Patakan Kodam VI/Santima Canta menandai pengabdian sebagai prajurit di Kodam VI/Mulawarman dengan tantangan tugas yang terbentang luas.

Penciuman Pataka bagi pejabat lama memberikan makna bahwa mereka akan selalu dikenang sebagai prajurit Kodam VI/Mulawarman dimana pun mereka akan bertugas nantinya.

Dikatakan Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Komandan Korem 091/ASN Kolonel Inf Cahyo Suryo Putro merupakan perwira abituren Akmil tahun 1989 yang sebelumnya pernah berdinas di Kodam VI/Mulawarman.

"Dengan begitu wilayah dan situasi tugas bukan menjadi tempat yang asing," katanya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan acara ramah tamah dan perkenalan singkat. Pangdam memberikan ucapan selamat atas promosi jabatan kepada Brigjen TNI Widi Prasetijono yang akan menjabat sebagai Kasdam VI/Diponegoro serta Kolonel Inf Kolonel Inf M. Syech Ismed S.E., M.Han    pada jabatannya barunya.

Pada kesempatan itu juga pejabat baru Danrem 092/Maharajalila Kolonel Inf Suratno turut memperkenalkan diri sebagai Komandan Korem 092/Mahrajalila, merupakan garda terdepan personel TNI AD di wilayah Propinsi Kalimantan Utara.

Sementara Kapendam VI/Mulawarman Kolonel Kav Dino Martino mengatakan bahwa serah terima jabatan Danremtersebut, merupakan bagian dari dinamika pembinaan personil dalam rangka tour of duty dan tour of area.

Menurutnya pembinaan satuan yang dilakukan secara berkesinambungan agar kinerja satuan dapat tercapai lebih optimal terutama berkaitan dengan penyiapan wilayah Kalimantan Timur menjadi Ibu Kota Negara yang baru.

“Selain itu, ditinjau dari segi pembinaan satuan, mutasi jabatan yang ditandai dengan kegiatan sertijab, akan memberikan gairah semangat pembaharuan dan semangat untuk terus maju, baik bagi pejabat bersangkutan maupun anggota yang dipimpinnya,” kata Kapendam.

Pergantian pejabat Komandan Korem 091/ASN  terlihat berbeda seperti sebelum-sebelumnya karena para pejabat yang melaksanakan serah terima menggunakan masker kain bercorak loreng TNI dan menggunakan sarung tangan.

Tidak ada pelaksanaan salam komando yang menjadi tradisi diganti menjadi salam Mulawarman dengan mengepalkan tangan dengan mematuhi jaga jarak  untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebelum pelaksanaan serah terima jabatan, dilakukan upacara alih komando pengendalian 4 Kodim jajaran Korem 091/ASN yang diserahkan komando dan pengendaliannya kepada Korem 092/Maharajalila.

Komando pengendalian pelaksana tugas pengamanan perbatasan menjadi berada di bawah kendali Korem 092/Maharajalila yang akan berkantor di Kabupaten Bulungan sebagai garda pengaman terdepan di wilayah Perbatasan.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020