Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim)  menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) IV yang akan digelar September 2020  dengan mempertandingkan delapan Cabang Olahraga (Cabor).


“Sejumlah langkah persiapan tengah dilakukan guna mempersiapkan event ini. Para pengurus Pengprov Cabor pun turut dilibatkan guna melengkapi data wasit nasional dari masing-masing Cabor, Venue Pertandingan,  serta hal penunjang lainnya,” ujar Kadispora Kaltim, Muhammad Syirajudin didampingi Plt. Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Agus Tianur, Kamis (13/2).

Popwil IV akan mempertandingkkan delapan Cabor di antaranya tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bola basket, bola Volley, sepak bola, sepak takraw dan bulutangkis. Kemudian diikuti sejumlah Provinsi yang tergabung dalam wilayah IV yakni Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Jawa Timur, dan tuan rumah Kalimantan Timur.

Menurutnya, Popwil IV merupakan agenda rutin Kementerian Pemuda dan Olahraga yang menjadi sarana dan babak kualifikasi  delapan Cabor sekaligus sebagai awal evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah menuju POPNAS.

Lebih lanjut disampaikan bahwa kegiatan  tersebut diselenggarakan sebagai bagian dari sistem kompetisi olahraga pelajar secara Nasional yang berjenjang dan berkelanjutan. 

"Koordinasi kita lakukan sejak awal termasuk rutin ke Kemenpora, apalagi nantinya sesuai surat yang kami terima, awal Maret mendatang Kaltim akan mempresentasikan kesiapan sebagai tuan rumah dalam kegiatan Lokakarya Pembibitan dan Rakernas Badan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) di Yogyakarta,"katanya.

Muhammad Syirajudin menambahkan dalam kegiatan yang digelar oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora tersebut, Kaltim akan mempersentasikan kesiapan bersama Sumatera Barat dan Maluku Utara yang juga menjadi penyelenggara di wilayah masing-masing. 

 

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020