Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur mengagendakan program pembangunan untuk sejumlah Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) yang ada di wilayah setempat.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim,  Riza Indra Riadi di Samarinda, Rabu mengatakan setelah peresmian tempat pemasaran ikan (TPI) air tawar di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Selili Samarinda, beberapa PPI di daerah lain rencananya juga akan direhab.

Menurut Reza, sejumlah PPI yang sudah masuk dalam agenda rehab diantaranya PPI di Balikpapan, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Paser dan Berau yang akan dibangun kembali seperti PPI Selili Samarinda.

"Hal itu sesuai dengan visi misi Gubernur Kaltim untuk terus mengembangkan sentra-sentra perikanan di Kaltim. Setelah di Samarinda, tahun depan kita akan bangun di Balikpapan ada TPI ikan laut dan ikan air tawarnya, “ kata Riza Undra Riadi, disela peringatan Hari Nusantara ke-XX tahun 2019 dirangkai peresmian TPI air tawar di PPI Selili Samarinda.

Riza mengatakan, pembangunan dan rehabilitasi PPI didaerah dalam rangka peningkatan sarana dan prasarananya.

Tujuannya memberikan percepatan pelayanan dan distribusi bongkar muat ikan maupun transaksi komoditi.

Untuk percepatan pembangunan peningkatan sarana dan prasarana PPI, lanjut Riza maka tahun 2010 akan segera dibangun kembali sama tipenya dengan PPI Selili.

"Di dalamnya ada fasilitas pemasaran ikan laut dan air tawar. Ini semua untuk mempercepat pelayanan distribusi bongkar muat ikan," kata Riza.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019