Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh mengatakan Pemerintah Kabupaten memberikan perlindungan berupa jaminan sosial bagi semua petinggi (kepala desa) dan aparatur kampung melalui Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.
 

"Jaminan sosial yang kami berikan ini mulai diberlakukan tahun 2020. Sementara anggarannya diambilkan dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Kabupaten Mahulu yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam)," ujar Bonifasius di Ujoh Bilang, Kamis.

Pemberian jaminan sosial tersebut untuk melaksanakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2018, tentang Anggaran Jaminan Sosial untuk aparatur penyelenggara pemerintahan desa/kampung.

Dalam hal ini, Pemkab Mahulu melakukan gerak cepat melaksanakan hal tersebut, yakni dengan langsung menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Samarinda Cep Nandi Yunandar.

Penandatanganan MoU antara Bupati Mahulu dengan BPJS Ketenagakerjaan Samarinda tersebut, diselipkan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Pemerintahan Kampung yang dihadiri oleh para petinggi dan Badan Permusyawaratan Kampung (BPK/BPD).

Dalam kesempatan itu Bupati Maulu juga mengatakan, melindungi kesejahteraan aparatur kampung merupakan kewajiban, terutama dalam hal jaminan sosial ketenagakerjaan.

Dalam hal ini, lanjutnya, tidak hanya jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian yang ditanggung oleh Pemkab Mahulu, namun penting pula seluruh aparatur kampung di Mahulu mendapatkan jaminan hari tua sebagai bekal di saat mereka tidak lagi menjabat.

Pada waktu yang sama, Bupati Mahulu juga menyampaikan komitmennya untuk mendaftarkan semua Ketua RT di lingkungan kampung dan lembaga adat, termasuk semua anggota BPK ke dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk jaminan kecelakaan kerja, kematian serta hari tua.

Sementara Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Samarinda Cep Nandi mengaku akan memberikan pelayanan terbaik khususnya bagi petinggi dan aparatur kampung di Mahulu dalam hal informasi terkini, termasuk penyampaian manfaat bagi mereka.

Nandi pun mengapresiasi tinggi kepada Bupati Mahulu yang sangat kooperatif dalam hal penyebaran informasi dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan bagi warganya.

"Saya salut karena dari kabupaten terdalam di Kalimantan Timur ini justru dimulainya perlindungan bagi pekerja pemerintahan kampung secara paripurna. Komitmen Bupati Mahulu ini diharapkan menjadi acuan bagi kabupaten/kota lain untuk bisa melaksanakan hal yang sama," harap Cep Nandi. 

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019