Perhelatan Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) V 2019 dibuka secara resmi Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali ditandai pemukulan gendang tuvung didampingi Gubernur Kaltim, Isran Noor, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, dan Ketum FORMI, Hayono Isman, di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (16/11) malam.


Menteri Zainudin dalam arahannya berharap FORMI yang menjadi wadah berkumpulnya pegiat olahraga rekreasi dapat menginisiasi masyarakat untuk berolahraga. Sebab ini merupakan olahraga yang dilaksanakan dalam bentuk rekreasi.

"Dengan olahraga fisik jadi bugar dan sehat apalagi olahraga rekreasi, selain bugar dan sehat juga bergembira," katanya.

Karenanya dia mengapresiasi FORMI yang menjadi induk olahraga rekreasi menyelenggarakan FORNAS tanpa sponsor besar dan dukungan anggaran besar dari pemerintah.

Dia berharap ke depan semakin banyak pegiat olahraga rekreasi yang terlibat menjadi peserta FORNAS. Terlebih olahraga ini tidak mengenal batas usia dan harus melalui tahap seleksi.

Pesertanya pun bebas mengekspresikan diri pada berbagai cabang olahraga yang diminati.

Pada kesempatan itu, dia juga memberi dukungan agar Hayono Isman tetap ditunjuk Ketua Umun FORMI. Sebagai Menpora dia mengaku masih membutuhkan dedikasi Hayono untuk mengurus olahraga rekreasi.

"Tentu ini menjadi kebanggaan sebagai junior. Saya Menpora ke 13 jauh setelah Hayono. Kalau pimpin FORMI yakin akan bawa kemana olahraga rekreasi. Dorong masyarakat agar lebih giat berolahraga," akunya.

Pembukaan FORNAS V sendiri sedianya dilakukan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Muhadjir Effendy hingga akhirnya positif dilakukan Menpora Zainudin Amali.

Nampak hadir Gubernur Kaltim, Isran Noor, Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi, Anggota Komisi X DPR RI,  Profesor Djohar Arifin H, Deputi III Kemenpora, Isnanta, dan Sekretaris Deputi III Kemenpora, Suryati.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019