Kodim 0909/Sangatta melakukan komunikasi sosial dengan aparat Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam rangka Pembinaan Teritorial (Binter) terpadu atau sinkroniaasi program antara TNI dan Pemerintah.
 

Kegiatan sosial bertajuk “Memberdayakan Wilayah Pertahanan Binter Terpadu Guna Meningkatkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh," dibuka oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang didampingi Sekretaris Kabupaten H Irawansyah, di ruang Meranti, Kantor Bupati, Senin .

Dandim 0909/Sangatta Letkol Inf Czi Pabate mengatakan kegiatan tersebut merupakan program komunikasi dengan aparat Pemerintah, dalam rangka mengsinkronkan program Kodim dengan Pemerintah.

Salah satu yang program yang mendapatkan perhatian adalah terkait penanganan masalah sampah.

“Persolan sampah ini harus kita mulai dari sekarang, karena sampah ada dimana-mana, tidak bisa dibiarkan begitu lama, karena semakin lama dia akan semakin susah diatasi. Kita harus buat program, untuk peduli tentang sampah,” ungkap Pabate saat ditemui media usai komuniskasi tersebut.

Teknisnya, lanjutnya, dimulai dari hal-hal yang kecil. Dalam seminggu, bisa dimanfaatkan 1-2 jam untuk memungut sampah.

Sasarannya, misalnya ditempat fasilitas umum, seperti di Folder. Karena, disana sampah banyak sekali.

“Sambil mengedukasikan masyarakat, untuk sadar membuang sampah pada tempatnya itu penting. Karena tiap hari dipungutpun dan jika mayarakat tidak punya kesadaran untuk membuang sampah secara baik, akan menjadi masalah terus menerus,” ungkapnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kabupaten menanggapi hal itu meminta dinas terkait Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Permuhan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) agar dapat saling berkoordinasi terkait masalah sampah di Kutim.

Turut hadir dalam kegitan ini, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Kutim.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019