Tenggarong (ANTARA News Kaltim) - Tim renang Kota Tarakan tampil sebagai juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Renang tingkat Provinsi Kaltim 2012 di Kolam Renang Puteri Junjung Buyah (PJB), Tenggarong, 6-8 April, yang diikuti 214 atlet dari sembilan kabupaten/kota se-Kaltim.

Ketua Persatuan Renang Indonesia (PRSI) Kaltim H Suwandi di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Senin, mengatakan, Kota Tarakan berhasil mendulang 64 medali emas, 39 perak dan 33 perunggu.

Sementara tim tuan rumah Kutai Kartanegara (Kukar) harus puas menempati posisi keempat dengan raihan 8 medali emas, 14 perak dan 17 perunggu.

Tim Kutai Kartanegara harus mengakui keunggulan Balikpapan yang meraih 54 emas di posisi runner up, dan Bontang yang memperoleh 23 emas di posisi ketiga.

Menurut Suwandi, Kejurda itu untuk memberikan kesempatan berkompetisi pada atlet renang Kaltim, dengan harapan mampu berprestasi pada kejuaraan yang lebih bergengsi, dan untuk mengevaluasi hasil pembinaan dari masing-masing Pengkab PRSI se-Kaltim.

"Kejurda ini juga untuk melahirkan atlet-atlet renang usia dini Kaltim, guna dipersiapkan ke jenjang kejuaraan yang lebih tinggi," ujarnya.

Sebelumnya, Kejurda Renang Kaltim 2011 juga dilaksanakan di Kolam Renang PJB Tenggarong, Kutai Kartanegara. Dengan demikian Kukar dua tahun berturut-turut menjadi tuan rumah kejuaraan itu.

Menyinggung terpilihnya Kutai Kartanegara sebagai penyelenggara Kejurda Renang 2012, menurut Suwandi, karena Kutai Kartanegara dinilai memiliki "venue" yang memadai dan layak untuk kejuaraan tingkat provinsi.

Bahkan, katanya, pada PON 2008 di mana Kaltim sebagai tuan rumah, kolam renang PJB juga menjadi salah satu "venue" perhelatan olahraga akbar nasional tersebut.

Berikut ini daftar perolehan medali Kejurda Renang 2012 di Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, yang diikuti sembilan dari 14 kabupaten/kota di Kaltim:

No     Kabupaten/Kota     Emas     Perak     Perunggu
1.       Tarakan                     64         39             33
2.       Balikpapan               54         72              56
3.       Bontang                    23         72              15
4.       Kukar                         8          14             17
5.       Kutim                         8           6               7
6.       Samarinda                  4            9             10
7.       Paser                          0            0               4
8.       Bulungan                   0            0               0
9.       PPU                           0            0               0
(*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012