Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meminta kepada masyarakat Desa Semayang untuk memanfaatkan lahan subur Danau Semayang menjadi sektor pertanian saat musim kemarau  dengan menanam padi.
 

"Kawasan Danau Semayang saat musim kemarau beberapa daerah tertentu mengering sehingga bisa dimanfaatkan menanam padi, jadi pola pikirnya bergeser untuk memanfaatkan lahan tersebut,"katanya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri penanaman padi perdana dalam rangka gerakan percepatan tanam padi seluas 300 hektar yang dilaksanakan Pemkab Kukar bekerjasama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Kaltim Desa Semayang Kecamatan Kenohan.

Ia berharap semua masyarakat Desa Semayang ikut memanfaatkan potensi  yang ada untuk menanam serta  masyarakat menjadikan sektor pertanian dalam mengelola lahan Danau Semayang sebagai prioritas bukan lagi pekerjaan sampingan saat musim kemarau tiba.

Sehingga kedepan katanya daerah tersebut menjadi salah satu kawasan baru sektor pertanian dalam mendukung swasembada pangan di Kukar.  Berdasarkan  hasil data penelitihan yang ada kawasan Semayang merupakan lahan yang subur dimana dalam pengelolaan tidak memerlukan penanganan bersifat khusus.


Ditambahkannya, berkenan dengan musim banjir dan kemarau yang sering terjadi setiap tahunnya di kawasan Danau Semayang, dirinya meminta kepada Dinas Pertanian dan Perternakan agar mengawal dan menyusun konsep yang baik terkait mekanisme yang digunakan dalam mengelola lahan tersebut, sehingga kedepan dari hasil pendampingan tersebut akan didapat data yang akurat terkait program kebijakan pada sektor pertanian dikawasan tersebut.

"Apa yang dilakukan masyarakat hari ini masih bersifat tradisional namun saya tetap optimis, kedepan kepada pihak terkait saya minta untuk mengawal kegiatan ini sehingga kedepan melalui hasil pendampingan didapat data yang akurat dalam melakukan penyusunan program kebijakan Pemkab Kukar disektor pertanian dalam arti luas," ucap Edi Damansyah.

Sementara itu Kepala Desa Semayang, Robi Salam menjelaskan luasan lahan yang akan dikelola  masyarakat seluas 313 hektare, dimana dalam pengelolaannya dikerjakan 12 kelompok tani. Sedangkan untuk benih padi para kelompok tani mendapatkan bantuan sebanyak 7,5 ton.

"Atas nama masyarakat Desa Semayang kami ucapkan terimakasih atas kehadiran bapak bupati, kedepan kami juga mohon izin untuk mengoptimalisasi lahan pertanian disepanjang jalan masuk menuju Desa Semayang," ucap Robi Salam.

Kegiatan gerakan percepatan tanam padi seluas 300 hektare di desa Semayang tersebut dihadiri Kepala BPTP Provinsi Kaltim Dr Muhammad Amin, Kejari Kukar Darmowijoyo, Camat Kenohan Lukman Budiono, unsur Musawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kecamatan Kenohan dan Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kukar Maslianawati Edi Damansyah.(Humas Kukar 08).

 

Pewarta: Rhd

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019