Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Kalimantan Timur menggelar pelatihan penulisan berita olahraga dan teknis cabang olahraga di Gedung PWI Jalan Biola Samarinda, Kamis (29/3).

"Tujuannya untuk meningkatkan profesionalisme para wartawan dalam mencari, menggali dan membuat berita, khususnya di bidang olahraga," kata Ketua Siwo PWI Kaltim, Iskandar Z Datu, di Samarinda, Rabu.

Iskandar yang juga Ketua Panpel Pelatihan itu menambahkan bahwa para insan pers yang membidangi olahraga juga menghadapi tantangan dalam membuat berita olahraga yang baik, menarik dan benar sesuai "Kamus Besar Bahasa Olahraga".

"Dunia olahraga selalu berkembang, khususnya peraturan dan istilah-istilah asing sehingga dalam penulisan beritanya berpotensi ada kesalahan, baik penulisan istilah, serta makna yang dimaksud dari istilah atau peraturan teknis cabang olahraga," ujarnya.

Dalam peraturan teknis cabang olahraga, katanya menambahkan setiap waktu mengalami perubahan sehingga para wartawan olahraga harus mengikuti perkembangannya.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya mengundang beberapa pemateri dari sejumlah cabang olahraga yakni Ego Arifin dari silat, Saleh Basire dari gulat, Muslimin dari anggar, serta wartawan olahraga senior di Kalimantan Timur, Sadila.

"Mengapa kita ambil tiga cabang olahraga itu, yakni dengan alasan, gulat menjadi andalan cabang olahraga andalan Kaltim sehingga daerah ini menjadi `gudang` pegulat handal, sedangkan silat dan anggar kini menunjukkan perkembangan pesat sehingga diharapkan akan menjadi kekuatan baru Kaltim. Jadi, tiga cabang olahraga ini pasti akan banyak diliput dan ditulis oleh wartawan olahraga," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan pelatihan seperti ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan profesionalisme wartawan olahraga sehingga para pemateri dari cabang olahraga lain akan dilibatkan pada kesempatan berikutnya.

Peserta dari berbagai media di Kaltim baik cetak maupun elektronik sekitar 30 orang. Pihaknya sampai kini masih membuka kesempatan bagi insan pers olahraga yang berminat mengikuti pelatihan ini yang bisa langsung mendaftarkan diri ke PWI Kaltim kepada panitia pelaksana, yakni Jayadi dan Wiwid Mahaendra. (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012