Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2019 dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.


Penghargaan diserahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Kaltim yang diwakili Kepala Dinas Perhubungkan Kaltim Salman Lumoindong, di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim Salman Lumoindong dihubungi dari Samarinda, Minggu menjelaskan penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan.

Dia menyebutkan objek penilaian melalui lima bidang yakni bidang lalu lintas bobot nilai 20 persen, bidang angkutan umum 15 persn, bidang sarana transportasi darat 25 persen, bidang prasarana transportasi darat 15 pesen dan bidang umum 25 persen.

"Kaltim dinilai mampu membina penyelenggaraan sistem transportasi di kabupaten dan kota yang diajukan ke Dirjen Perhubungan Darat untuk dilakukan penilaian, karena dari lima kabupaten dan kota yang diajukan untuk dinilai, tiga daerah yang berhasil meraih penghargaan WTN," katai Salman.

Salman menyebutkan lima kabupaten dan kota di Kaltim yang dinilai adalah Kabupaten Kutai Kartanegara, Berau, Samarinda, Kota Balikpapan dan Kota Bontang.

Setelah dilakukan penilaian sejak April 2019, akhirnya tiga daerah yang berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha 2019, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan.

"Jadi Wahana Tata Nugraha ini bukan sekedar penghargaan tetapi bagaimana kabupaten dan kota bersaing untuk menata sistem transportasinya menjadi lebih baik. Utamanya bermuara pada pelayanan transportasi yang baik kepada masyarakat," kata Salman.

Hadir menerima penghargaan tersebut  Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Wali Kota Samarinda M Barkati dan perwakilan Kabupaten Kutai Kartanegara. Juga hadir Dirlantas Polda Kaltim Kombes Pol Eddy Djunaedi.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019