Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur menyiapkan pembentukan  Brigade Siaga Bencana untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu.

Pemerintah kabupaten siap 'jemput bola' pelayanan kesehatan masyarakat dengan Brigade Siaga Bencana, ujar Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara, Alimuddin ketika ditemui, Selasa.

Misi meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat terus digaungkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

Brigade Siaga Bencana jelas Alimuddin, merupakan inovasi untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Pemerintah kabupaten ingin pelayanan kesehatan itu lebih dekat dengan masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat mendapatkan layanan kesehatan," katanya.

Petugas Brigade Siaga Bencana menurut Alimuddin, nantinya akan melakukan pemeriksaan awal terhadap pasien langsung ke rumah-rumah.

"Pemeriksaan awal terhadap pasien akan dilakukan petugas Brigade Siaga Bencana dengan langsung datang ke rumah-rumah," ucapnya.

Inovasi memudahkan dan mempercepat pelayanan kesehatan kepada masyarakat tersebut lanjut Alimuddin, diadopsi dari Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Ia menimpali lagi, Brigade Siaga Bencana akan dikembangkan sesuai kondisi kewilayahan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pembentukan Brigade Siaga Bencana Kabupaten Penajam Paser Utara akan dibahas bersama Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah atau RSUD Ratu Aji Putri Botung serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Pembentukan Brigade Siaga Bencana itu akan segera dibahas dengan sejumlah instansi terkait untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat," tegas Alimuddin.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019