Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Paser  bekerjasama dengan pihak kepolisian melakukan rekayasa  lalu lintas selama kegiatan lomba Musbaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke 41  tingkat Provinsi Kalimantan Timur berlangsung.


"Dishub Paser bersama Polres Paser  melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar arena utama MTQ yaitu  di kawasan Masjid Agung Nurul Falah agar arus lalu lintas tetap lancar  dan tidak mengganggu," kata  Kepala Dishub Kabupaten Paser Inayatullah di tanah Grogot, Rabu.

Dia  mengatakan, pihaknya akan mengalihkan arus lalu lintas  ke sejumlah titik jalan yang berada di sekitar arena utama  penyelenggaraan MTQ.

Menurutnya area  di sekitar kegiatan lomba MTQ  harus benar-benar steril dari kendaraan yang berlalu lalang, oleh karena itu ada pengalihan arus lalu lintas. Pengalihan atau rekayasa  arus lalu lintas dilakukan, agar kawasan tersebut  terbebas dari kendaraan yang berlalu lalang, baik itu kendaraan roda empat maupun roda dua agar tidak terjadi kemacetan.

Menurutnya bagi pengendara yang bergerak dari  jalan Anden Oko mengarah ke  jalan Suprapto, akan dialihkan ke jalan Sultan Abdurrahman, sedangkan dari arah jalan Yos Sudarso akan dialihkan ke jalan R Suprapto, kemudian ke jalan Sultan Abdurrahman.

Lalu lanjutnya dari jalan R Suprapto dari Plaza di arahkan ke jalan RA Kartini, pengaturan dari Tepian Sungai Kandilo di alihkan ke jalan Kartini.

Dari skema pengalihan arus lalu lintas di  sekitar arena utama MTQ yang dibuat Dishub Paser, di area Tepi Sungai kandilo , sepanjang jalan Yos Sudarso , antara pertigaan jalan Cut Nyak Dien dan simpang tiga Jalan Supriyadi, harus benar-benar bersih dari segala jenis kendaraan.

Dari setiap pertigaan maupun perempatan jalan kata Inayatullah, akan ditempatkan personil Dishub di titik persilangan berjaga bersama dengan personil dari TNI, Polri serta Satpol PP.

“Kami akan tempatkan personil di beberapa pos persimpangan jalan” ucap Inayatullah.

Inayatullah menambahkan pihaknya selain bertugas melakukan pengalihan arus lalu lintas, juga mengatur  area parkir di sekitar area lomba.  "Dalam hal pengaturan parkir kami juga akan dibantu dari organisasi masyarakat dan LSM," katanya..

Inayatullah berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Paser agar dapat mengerti dengan kondisi pengalihan arus lalu lintas tersebut, agar pelaksanaan MTQ ke 41 tingkat Provinsi  Kaltim  dapat berjalan dengan lancar dan aman. 

“Mudah - mudahan warga bisa memaklumi  dan mentaati bersama  sehingga pelaksanaan MTQ  di Kabupaten Paser  terselenggara dengan sukses,i” pungkas Inayatullah. (MC Kabupaten Paser)

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019