Pemerintah pusat melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan berupa pembangunan tempat pelelangan ikan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Bantuan pembangunan pelelangan juga diikuti bantuan berupa 55 unit mesin kapal, satu unit alat belat, serta papan nama yang dibagikan kepada 15 kelompok nelayan.

"Bantuan tempat pelelangan ikan dan mesin kapal, diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan tangkap dan kesejahteraan nelayan meningkat," kata Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud ketika dihubungi, Sabtu.

Kementerian Kelautan dan Perikanan lanjut Bupati, memberikan bantuan untuk membangun tempat pelelangan ikan di wilayah Penajam Paser Utara.

Membangun tempat pelelangan ikan jelas Abdul Gafur Mas'ud, untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, terutama nelayan di wilayah Penajam Paser Utara.

Tempat pelelangan ikan tersebut dibangun di daerah Logpond yang berada di wilayah Kecamatan Waru.

Bupati Abdul Gafur Mas'ud juga ingin mengarahkan industri perikanan Kabupaten Penajam Paser Utara, dipusatkan di Kecamatan Waru.

"Daerah Logpond di Kecamatan Waru, sangat tepat dipilih sebagai sentra perikanan di wilayah Penajam Paser Utara," ucapnya.

Daerah  Logpond memiliki keunggulan terdapat gusung yang bisa digunakan sebagai lokasi tambat kapal nelayan.

Oleh karena itu tambah Bupati, tempat pelelangan ikan Kabupaten Penajam Paser Utara, lebih tepat dibangun di daerah Logpond di wilayah Kecamatan Waru.

Selain itu, ada juga bantuan dari Kementerian Koordinator atau Kemenko Bidang Kemaritiman berupa peralatan "fish on" serta pembangunan "Maritim Techno Park" yang diharapkan dapat direalisasikan pada 2020.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019