Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Ketua MPR Taufiq Kiemas dijadwalkan akan menghadiri Cerdas Cermat 4 Pilar Berbangsa Dan Bernegara se-Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda, Rabu (15/3).

"Dijadwalkan Ketua MPR Taufiq Kiemas juga akan membacakan soal Cerdas Cermat 4 pilar itu agar para peserta dapat berlomba untuk menjawabnya dengan tepat," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, H Musyahrim di Samarinda, Senin.

Kaltim pada 11-15 September 2011 menggelar perhelatan akbar MPR via sekretariatnya yang akan memasuki tahap final November 2012 di Jakarta.

Selain Ketua MPR Taufiq Kiemas, maka Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak dijadwalkan pula untuk ikut membacakan soal Cerdas Cermat 4 Pilar itu.

Cerdas cermat tingkat SLTA itu masih berlangsung di SMA 10 Melati yang dibuka tadi malam (11/3). Sedangkan final akan digelar pada Rabu (15/3).

Dilanjutkan, jumlah peserta cerdas cermat tingkat Provinsi Kaltim ini sekitar 200 kelompok yang datang dari 14 kabupaten dan kota se- Kaltim.

Sedangkan peserta yang berhasil mendapat juara pertama dalam kegiatan ini, akan diikutkan pada Cerdas Cermat 4 Pilar di tingkat pusat yang direncanakan digelar sekitar November 2012.

Soal yang dipertanyakan dalam cerdas cermat ini antara lain mengenai Tap MPR dan hal-hal yang berkaitan dengan pancasila, di samping juga mengenai pengetahuan siswa tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Musyahrim yang juga ketua PGRI Kaltim ini, kegiatan tersebut sangat positif karena mampu menambah wawasan kebangsaan bagi siswa, sekaligus menambah nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945.

Apalagi saat ini banyak siswa yang dalam tindakannya tidak sesuai dengan Pancasila, seperti masih seringnya terjadi tawuran pelajar, tawuran remaja dan berbagai tindakan lain yang tidak sesuai dengan falsafah Pancasila.

Dia berharap pada 2012 ini, pelajar Kaltim yang menjadi juara pertama di ajang tersebut, kemudian dikirim ke Jakarta untuk mengikuti cerdasa cermat yang sama di tingkat nasional, dapat mendapat juara se- Indonesia.

Menurutnya, peluang untuk mendapat juara tahun ini sangat besar, pasalnya pada cerdas cermat sejenis yang digelar pada 2010, SMA Negeri 1 Tenggarong, Kutai Kartanegara berhasil masuk dalam Grand Final, sehingga tinggal sedikit perbaikan untuk merebut juara.(*)

 

Pewarta: M Gofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012