Rotasi pemain menjadi pilihan pelatih Persiba Balikpapan Salahuddin dakan menghadapi jadwal kompetisi Liga 2 yang padat sejak awal.
 

"Kita beruntung kualitas antarpemain tak jauh berbeda,” kata Salahuddin di Balikpapan, Sabtu.

Karena itu sebagian pemain yang diturunkan dia saat melawan PSIM Yogyakarta, diistirahatkan ketika tim menghadapi Persis Solo. Hasilnya, skuad yang segar dengan semangat berlipat-lipat membuat Persiba memetik poin penuh di depan publik sendiri. Persis Solo digebuk 3-0.

Menurut Salahuddin, rotasi juga bagus buat suasana tim karena membuat para pemain selalu bersemangat dan fit untuk diturunkan.

Saat menghadapi PSIM, penjaga gawang yang dipasang adalah Tedi Heri Setiawan, namun saat menghadapi Persis giliran Ferdiansyah mengawal gawang Persiba. Pada posisi bek, Taufik Kasrun dan Riskal Susanto turun menghadapi Persis menggantikan Sahrul Kurniawan dan Andre Putra Widodo yang berjibaku saat lawan PSIM.

Pada lini tengah M. Said dan Dani Pratama bergantian dengan Stevanus Bungaran. Sebagai penyerang, Aji Kusuma dan Muhammad Rasul saling lapis dengan Ismail Haris dan Beni Ashar.

"Kemarin saat jelang lawan Persis kebetulan juga kondisi Ismail Haris dan Beni Ashar kurang fit,” kata Salahuddin.

Strategi pelatih dalam membuat pemain terus bugar itu pun sukses. Rasul mencetak satu gol, gol pembuka pertandingan dan gol pertama Persiba pada musim 2019.

Pertandingan berikutnya Beruang Madu adalah laga tandang melawan Persewar Waropen pada Selasa 2 Juli dan Bogor FC pada Minggu 7 Juli.

Persewar sedang bertandang ke Stadion Untung Suropati di Pasuruan, Jawa Timur, yang juga menjadi kandang Persekabpas Pasuruan, klub yang sempat menjajal Liga Super Indonesia dan bertandang ke Stadion Parikesit, kandang lama Beruang Madu.

Pelatih Persiba Balikpapan Salahuddin di depan para pemain di akhir latihan. Setiap anggota Skuad Beruang Madu menjalani rotasi untuk menjaga kebugaran tubuh. (novi abdi/Antara)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019