Peserta yang dinyatakan lulus calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, hingga kini belum menerima SK (surat keputusan) pengangkatan dari pemerintah kabupaten setempat.


Informasi yang diperoleh, Kamis, menyebutkan, usulan NIP (nomor induk pegawai) CPNS 2018 yang dinyatakan lulus seleksi telah disetujui Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional VIII Banjarmasin, sejak awal Maret 2019.

Namun hingga saat ini, sebanyak 155 CPNS (calon pegawai negeri sipil) yang telah dinyatakan lulus seleksi pada 2018 tersebut belum mendapatkan SK pengangkatan.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan atau BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara sampai sekarang belum membagikan SK pengangkatan CPNS 2018 yang telah dinyatakan lulus itu.

"Kami belum mendapat persetujuan dari pejabat pembina kepegawaian," kata Kepala BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara Surodal Santoso ketika dikonfirmasi.

Berkas SK pengangkatan CPNS 2018 tersebut menurut dia, sudah disampaikan kepada kepala daerah dan menunggu untuk ditandatangani.

"Terkait SK itu juga Kami terkendala proses pemberkasan dan penerbitan NIP, ditargetkan pembagian SK pengangkatan CPNS dilakukan pekan ini," ujar Surodal Santoso.

Sehingga CPNS yang dinyatakan lulus seleksi pada 2018 tersebut lanjut ia, mulai masuk bekerja menjalankan tugas dan fungsi sebagai ASN (aparatur sipil negara) pada April 2019.

Padahal Kepala BKN Bima Haria Wibisana sebelumnya memastikan, terhitung 1 Maret 2019 CPNS 2018 yang dinyatakan lulus mulai masuk bekerja.

Jumlah peserta CPNS 2018 Kabupaten Penajam Paser Utara yang dinyatakan lulus berkurang satu menjadi 155 yang sebelumnya 156 orang, karena satu peserta yang lulus pada formasi guru sekolah dasar mengundurkan diri.

Usulan BKPP Kabupaten Penajam Paser Utara yang diajukan sejak Februari 2019 terkait penggantian satu orang yang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan tersebut belum mendapat respon Panselnas (pantia seleksi nasional). 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019