Wakil Gubernur Kalimantan Timur,Hadi Mulyadi menegaskan bahwa Provinsi setempat mempunyai potensi destinasi Pariwisata yang cukup menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun manca negara.
 

Menurut Hadi Mulyadi, Kaltim memiliki destinasi wisata pantai yang sangat alami, seperti Pantai Derawan di Berau, Pantai Manggar di Balikpapan, Pantai Sekerat di Kutai Timur.

Selain itu lanjut Hadi, Kaltim juga punya objek wisata hutan yang masih asli dan luas, dengan beraneka ragam satwa langka, yang memungkinkan bagi sejumlah petualang alam untuk menikmatinya.

"Potensi ini dapat dikembangkan dalam rangka mengoptimalkan kunjungan wisatawan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar sekitar kawasan pariwisata," katanya.

Lanjut dia, permasalahan utama dalam mewujudkan pembangunan dan pengembangan potensi destinasi pariwisata adalah belum optimalnya dukungan sarana dan prasarana infrastruktur. 

Untuk itu, lanjut Hadi, diperlukan kolaborasi pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten dan kota dalam mengembangkan pariwisata.

Menurut Hadi, pengembangan sektor wisata tersebut merupakan bagian dari misi Kaltim Berdaulat dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur kewilayahan yang optimal. 

"Upaya pengembangan sektor kepariwisataan dapat dilakukan secara sistematis, terencana, terpadu dan berkelanjutan. Dan terpenting harus ada sinergi pusat, provinsi serta kabupaten dan kota dalam mencari solusi atas kendala yang dihadapi sektor kepariwisataan di daerah,” tegasnya.  

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019