Kepala Bidang Cipta Karya Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara Supardi mengatakan wilayah ibukota kecamatan di Kabupaten setempat akan segera diterangi lampu penerangan jalan umum atau PJU dengan sistem tenaga surya (solar cell).

"Tahun 2019 kami akan lakukan pemasangan sekitar 500 lampu PJU yang disebar di wilayah empat kecamatan," kata Supardi ketika temui, Jumat.

Proyek pemasangan lampu PJU pada tahun 2019 merupakan program lanjutan pemasangan lampu PJU di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Ia mengatakan sebelumnya pada Desember 2017, sebanyak 500 lampu PJU sudah terpasang di wilayah Penajam Paser Utara, dengan menghabiskan anggaran sekitar Rp6,4 miliar yang bersumber dari APBD 2017 Kabupaten Penajam Paser Utara.

Proyek Pemasangan lampu PJU pada 2019 sekitar Rp9 miliar lanjut Supardi, juga bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah atau APBD 2019 Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Penyusunan berkas lelang proyek pemasangan lampu PJU sedang diselesaikan, dan dalam bulan Maret 2019 akan diserahkan kepada Unit Layanan Pengadaan (ULP)," ujarnya.

Ia menargetkan lelang proyek pemasangan 500 lampu PJU tersebut paling lambat dilaksanakan pada April 2019.

"Kami berharap lelang proyek dapat segera dilaksanakan, sehingga pengerjaan pemasangan lampu PJU dimulai Mei 2019," ucap Supardi.

Menurutnya anggaran sekitar Rp9 miliar itu, untuk pemasangan 500 lampu PJU yang diprioritaskan di wilayah ibukota kecamatan," ungkapnya.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Penajam Paser Utara telah melakukan survei terhadap titik-titik pemasangan lampu PJU, utamanya di wilayan Kecamatan Penajam sebagai ibukota kabupaten.

Lampu PJU yang akan dipasang pada 2019 kata Supardi, menggunakan sistem tenaga surya, karena lebih hemat dari sisi operasional maupun pemeliharaannya.
 

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019