Bontang (ANTARA News Kaltim) - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Bontang, Kaltim, memberdayakan 69 Usaha Peningkatan Penghasilan Keluarga Sejahtera (UP2KS) yang tergabung dalam wadah Asosiasi Kelompok UP2KS (AKU).

"Terdapat 69 UP2KS yang dibina dan diberdayakan oleh BPPKB Kota Bontang dan dipersatukan dalam satu wadah Assosiasi Kelompok UP2KS," kata Kepala BPPKB Bontang, Sumiaty, di Bontang, Sabtu.

Berbagai produk industri kecil menengah rumah tangga dihasilkan dari kegiatan UP2KS yang menyebar di 15 kelurahan di Bontang. Misalnya aneka kue basah, aneka kue kering dan berbagai karya kerajinan.

"Kami pada saat pameran pembangunan 25-30 Oktober lalu (HUT Kota Bontang) sebagai upaya kami membina dan memberdayakan mereka, berbagai produk UP2KS kami pasarkan di arena pameran dengan total hasil penjualan mencapai Rp18 juta," terang Sumiaty.

Selain membantu memasarkan berbagai produk UP2KS melalui ekspo, BPPKB beberapa waktu lalu sempat memfasilitasi penyewaan tempat penjualan berbagai produk UP2KS.

"Melalui petugas lapangan keluarga berencana (PLKB) di seluruh kelurahan, BPPKB melakukan pendampingan pada UP2KS yang menyebar di seluruh kelurahan di Bontang," pungkas Sumiaty. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011