Samarinda, (Antaranews Kaltim) - Pelaksanaan kegiatan tahunan Pemerintah Kota Samarinda yakni "Festival Mahakam" ke-18 tahun 2018 masih menjadwalkan untuk menggelar perlombaan renang melintasi Sungai Mahakam.


Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Samarinda, H.M Faisal memgatakan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam menjadi lomba rutin pada Festival Mahakam.

Untuk tahun ini, lanjut Faisal  total hadiah yang diperebutkan pada lomba yang kali ini dinamakan "Water Sport Race" sebesar Rp 50 juta.

"Paling khas dari acara Festival Mahakam di perairan Sungai Mahakam adalah lomba renang menyeberangi sungai yang tahun ini memperebutkan total hadiah Rp50 juta," katanya.

Lomba berenang dilaksanakan selama satu hari yakni Minggu 4 November 2018 yang dibagi menjadi dua katagori yakni junior dan senior, masing-masing katagori kemudian dibagi kembali yakni untuk putra dan putri.

"Jadi total ada empat katagori. junior putra dan putri, juga senior putra dan putri," urai Faisal.

Khusus untuk junior di bawah 14 tahun, menurut Faisal, harus menyertakan surat izin dari orang tua.

"Persyaratan utama bagi peserta harus bisa berenang dan dalam keadaan sehat, khusus untuk katagori junior usia di bawah 14 tahun harus ada keterangan izin dari orang tua, katanya.

Seperti pelaksanaan lomba tahun sebelumnya, para peserta juga akan dilakukan cek kesehatan sebelum diberangkatkan start.

Menurut dia, pendaftaran lomba  masih terus dibuka hingga H-1, dapat dilakukan di kantor Dinas Pariwisata Samarinda.

Selain lomba renang, ada beberapa lagi acara di perairan Sungai Mahakam yakni Lomba Balap Perahu Tambangan, Lomba Balap Power Boating, Lomba Balap Perahu Naga, Lomba Balap Perahu Dompeng dan Lomba Jetski.

Pewarta: Arumanto

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018