Penajam (Antaranews Kaltim) - Sebanyak 130 orang haji Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sampai ke Tanah Air dengan selamat dan dalam kondisi sehat, kata Kepala Kantor Kementarian Agama setempat Maslekhan.

"Selama di Tanah Suci semua jamaah haji sehat dan beribadah lancar sesuai jadwal, dan tiba di Tanah Air dengan selamat serta dalam kondisi sehat," ujar Maslekhan ketika ditemui Antara di Penajam, Jumat.

Rombongan jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang tergabung dalam kelompok terbang atau kloter 10 tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan, Kamis (20/9), sekitar pukul 11.00 Wita.

Rombongan jamaah haji selanjutnya langsung dibawa ke Asrama Haji Batakan, Kota Balikpapan, untuk beristirahat, menjalani pemeriksaan kesehatan serta pemeriksaan dan pengambilan barang.

Kemudian dilakukan pelepasan jamaah haji secara resmi dari pihak Asrama Haji Batakan kepada masing-masing petugas haji daerah.

Jamaah haji diberangkatkan menuju Kabupaten Penajam Paser Utara lanjut sekitar pukul 13.00 Wita dan tiba di Penajam sekitar pukul 18.30 Wita.

Untuk pengamanan penjemputan jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara dikawal kepolisian, Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja.

Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud dan Wabup Hamdam menyambut langsung kepulangan jamaah haji di Masjid Agung Al Ikhlas Penajam, sebelum pulang ke rumah masing-masing.

Sekretaris Kabupaten Penajam Paser Utara Tohar, beserta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten setempat juga hadir dalam penyambutan kedatangan jamaah haji.

Pelaksanaan penjemputan dan penyambutan kepulangan jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara menurut Maslekhan, berjalan lancar dan sesuai harapan.

"Secara umum ratusan jamaah haji Kabupaten Penajam Paser Utara yang sudah menyelesaikan rangkaian ibadah haji tiba dengan selamat dan sehat," tambahnya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018