Balikpapan (Antaranews Kaltim) - Persiba Balikpapan mengakhiri tren negatifnya dengan menggelontor gawang Persegres Gresik United enam gol tanpa balas pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga 2 di Stadion Batakan Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat petang.

Rossi Noprihanis menjadi bintang pada laga itu dengan mencetak tiga gol dalam kemenangan 6-0 Persiba atas tim asal Jawa Timur itu.

Rossi juga yang mengawali pesta gol tuan rumah. Serangan balik yang cepat dari tengah lapangan tak berhasil dimatikan para bek Persegres dan Rossi yang melesat bersama si kulit bundar tak tertahan.

Tepat sebelum kiper Steven menutup ruang tembak, Rossi melepaskan si kulit bundar. Persiba unggul 1-0 di menit ke-17.

Setelah gol itu kembali lapangan tengah dikuasai Persegres yang memang memasang lima gelandang sekaligus dalam pola 3-5-2. Namun, serangan-serangan Persegres dimentahkan para pemain Persiba yang segera merapat begitu kehilangan bola.

Tim Beruang Madu juga tak segan menebang lawan yang sedang melaju dengan bola sehingga jatuh terguling.

Serangan balik ala menit ke-17 itu berhasil diulangi lagi oleh barisan penyerang Persiba. Sekarang dari sisi tengah kanan pertahanan Persegres.

Kecepatan lari Beni Oktavianto tak tertandingi?Andre Oki, bek Persegres. Sekitar tiga meter dari garis akhir lapangan, Beni melepaskan tembakan silang ke tiang jauh dan membuat skor menjadi 2-0.

Ketika babak kedua dimulai, Persegres yang sudah tertinggal tak punya pilihan lain, selain maju keluar menyerang untuk mencetak gol.

Pelatih Pudji Handoko menginstruksikan I Wayan Gede dan kawan-kawan menguasai lapangan tengah untuk mengurung pertahanan Persiba. Sebaliknya Persiba menerapkan taktik bertahan.

Irama permainan Persegres diganggu terus menerus dengan tekanan tinggi sehingga kerap kali serangan sudah patah di tengah jalan.

Begitu pula apabila sampai hingga kotak penalti, di area itu sudah penuh pemain Persiba yang bertahan sehingga baik Fandy Achmad maupun Saddam tak punya ruang lagi untuk mengkreasikan serangan. Sebaliknya, Beruang Madu dengan cerdik memainkan umpan-umpan terobosan dan umpan lambung jauh.

Pelatih Hariyadi tahu dia memiliki pemain-pemain yang cepat seperti Rossi, Beni Okta, atau Frengky Turnando, maka Rossi kembali menjadi pembuka.

Pada menit ke-62 setelah Rokani masuk menggantikan Jemmy Lakengke, ia mendapat umpan lambung dari sayap kiri kubu pertahanan Persegres.

Rossi yang tak terkawal mencetak gol dengan kaki kiri dengan meneruskan bola kiriman Beni Okta. Bola menderas masuk gawang dan mematikan langkah kiper Steven Lisnusa, 3-0.

Para pemain Persiba tak berhenti. Frengky Turnado mencetak gol dari umpan sepak pojok. Di menit ke-70 sundulannya keras menghajar jaring gawang. Seperti Rossi, Frengky pun leluasa bergerak di dalam kotak penalti tanpa pengawalan, 4-0.

Rossi Noprihanis kembali mencetak gol di menit ke-76. Kali ini dia menaklukkan kiper Steven seperti cara Frengky Turnando melakukannya, yaitu mendapat kiriman umpan lambung yang diterima dengan tandukan ke gawang lawan dan menorehkan hattrick.

Beni Oktavianto akhirnya menggenapi gol ke gawang Persegres di menit ke-92 setelah memenangi duel lawan kiper Waes Al Qarni yang menggantikan Steven. (*)
Baca juga: Rizal Effendi janji bantu selesaikan krisis Persiba
Baca juga: Tim terpuruk, bus Persiba jadi korban vandalisme
Baca juga: Posisi Persiba terus merosot di Liga 2
Baca juga: Persiba ditaklukkan PS Mojokerto Putra 0-2

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018