Sangata (ANTARA News Kaltim) - Sejumlah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batubara, minyak dan perkebunan di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, menyalurkan hewan kurban sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat di sekitar lokasi penambangan.

"PT Indominco Mandiri, salah satu perusahaan Tambang Batubara di Kutai Timur, segera menyalurkan hewan kurban sebanyak 18 ekor sapi dan 68 ekor kambing, kepada 10 desa binaan dan desa mitra di Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang," kata Asisten Vice President PT Indominco Mandiri, H. Muhammad Nasution, Kamis (3/11).

Menurut Muhammad Nasution, untuk 211 PT Indominco Mandiri Group akan menyalurkan hewan kurban tersebut ke desa-desa binaan dan desa mitra khususnya bagi desa yang berada di Ring 1, seperti Desa Danau Redan, Suka Damai, Suka Rahmat, Martadinata dan Desa Teluk Pandan

"Enam desa ini merupakan desa prioritas binaan yang masuk dalam ring I kegiatan operasional PT Indominco, sedangkan Desa Mitra seperti Desa Lok Tuan dan Bontang adalah desa miitra binaan," katanya, melalui telepon selulernya

HM Nasution yang mantan Calon Walikota Bontang ini mengatakan, kalau Sapi untuk masyarakat Desa, Pondok Pasantren juga akan menerima bantuan hewan kurban berupa kambing dari PT Indominco Mandiri Group terdiri dari PT Kitadin, PT Pama Persada Nusantara.

"Sebanyak 18 ekor Sapi dan 68 ekor kambing yang akan diberikan kepada pondok Pasantren (Ponpes) akan diserahkan semuanya pada Jumat (4/11) sekitar pukul 09.00 Wita. Penyerahan akan dilakukan secara simbolis," katanya.

Data yang dihimpun ANTARA menyebutkan, perusahaan lain yang akan menyalurkan hewan kurban adalah PT Pertamina Sangata sebanyak 5 ekor sapi, PT Perkasa Ineka Kerta Projeck Coal Bengalon (PIK) 3 ekor sapi, dan PT Swakarsa Sinar Sentosa sebanyak 4 ekor.

"Kami sudah menyerahkan sapi 3 ekor, hari ini (3/11), melalui kepala desa masing-masing," kata Manager General Manajer CSR Kaltim PT Swakarsa, Rekso Pramono, didampingi Head External Relation Dedy, di Sangata.

Perusahaan yang bergerak di sektor Perkebunan Kelapa Sawit di Muara Wahau ini, setiap  Hari Raya Idul Adha setiap, memberikan bantuan hewan kurban kepada warga tiga desa yang masuk dalam area kegiatan perusahaan.

"Menurut General Manajer CSR Kaltim PT Swakarsa, Rekso Pramono, tiga desa terdekat yang mayoritas penduduknya suku Dayak adalah Desa Wahau, desa Long Bay dan desa Jabdan," katanya. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011