Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pengurus Provinsi Persatuan Bisbol dan Sofbol Seluruh Indonesia (Perbasasi) Kalimantan Timur melakukan penjaringan figur calon ketua umum baru untuk memimpin organisasi tersebut pada periode 2017- 2022.

Ketua Penjaringan dan Penyaringan Calon Ketua Perbasasi Kaltim Noke Pattipawaej di Samarinda, Senin, mengatakan, panitia membuka kesempatan bagi tokoh olahraga dan pecinta sofbol dan bisbol untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua Perbasasi Kaltim.

"Kami buka pendaftaran mulai hari ini Senin (27/11) sampai dengan 14 Desember untuk pengembalian formulir. Ini akan dilayani di Sekretariat KONI Kaltim mulai pukul 10.30 sampai 15.00 Wita," ujar Noke.

Menurut ia, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bakal calon ketua, seperti surat pernyataan secara tertulis pencalonan, penyampaian visi misi secara tertulis dan lisan, berdomisili di Kaltim yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, dan menyampaikan daftar riwayat hidup.

"Nantinya surat ini harus ditandatangani di atas materai serta pas foto 3x4. Ini merupakan syarat umum yang wajib dipenuhi bakal calon ketua," ucap Noke.

Selanjutnya, panitia akan memverifikasi data mulai 14-19 Desember 2017 untuk ditetapkan sebagai calon tetap pada pemilihan ketua umum pada musprov.

"Agendanya tanggal 21 Desember akan digelar rapat pleno penetapan bakal calon menjadi calon tetap, sedangkan 22 Desember pengumuman calon tetap. Untuk pelaksanaan musprov pada 27 Desember di Samarinda," tambahnya.

Sekretaris Umum Pengprov Perbasasi Kaltim Felix Andi Wijaya berharap musprov bisa diramaikan oleh okoh-tokoh yang punya kepedulian tinggi terhadap prestasi sofbol dan bisbol Kaltim, karena saat ini prestasinya sedang merosot tajam setelah kegagalan meraih medali emas pada PON 2016.

Ia menilai tantangan bakal calon ketua Perbasasi Kaltim amat berat, khususnya untuk mempopulerkan olahraga ini di masyarakat.

"Kejuaraan daerah memang belum berjalan maksimal, karena selama ini klub-klub yang banyak membantu menggairahkan. Semoga ke depannya bisa lebih banyak atlet dan kejuaraan di daerah," ujar Felix. (*)       

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017