Samarinda (ANTARA Kaltim) - Ribuan mahasiswa memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89 di Kampus Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, Kalimantan Timur, bersama Badan Usaha Milik Negera (BUMN) dalam rangkaian kegiatan "BUMN Hadir di Kampus".

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami terhadap pendidikan, termasuk upaya untuk terus berperan aktif dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang sejalan dengan semangat Sumpah Pemuda," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury di Samarinda, Sabtu.

Hal itu dikatakan Mansury setelah mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Unmul Samarinda yang dilanjutkan dengan dialog di Gedung Rektorat.

Selain ribuan mahasiswa Unmul dan para undangan, hadir dalam dialog ini antara lain Rektor Unmul Samarinda Prof Dr Masjaya M.Si dan Dirut Jasa Raharja Budi Setyarso.

Ia melanjutkan, Program BUMN Hadir di Kampus oleh Garuda Indonesia, merupakan bagian dari rangkaian program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN RI demi menyambut semangat peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Kegiatan ini juga menjadi pengabdian guna meningkatkan kesejahteran dan pengembangan karakteristik generasi muda di Kaltim, salah satunya melalui kuliah umum bertemakan "Pembekalan Kepemimpinan bagi Generasi Muda" di hadapan sedikitnya 1.000 mahasiswa Unmul.

Rangkaian BUMN hadir di Kampus Unmul tersebut sekaligus menjadi bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat sekitar, yakni dengan memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat yang dilaksanakan melalui pemberian fasilitas pendidikan di Unmul.

Dalam lawatan di Unmul, selain memaparkan pencapaian Garuda Indonesia sebagai perusahaan penerbangan nasional (flag Carrier), Mansury juga berpesan kepada generasi muda untuk memiliki karakter yang berintegritas, memperluas perspektif, dan paradigma berpikir berwawasan global guna membangun karakter dan generasi profesional berdaya saing tinggi.

Menurutnya, generasi muda perlu memiliki passion (gairah) dalam mengejar cita-cita karena passion merupakan pilar penting dalam mengembangkan kapabilitas diri.

Ia juga menekankan agar kaum muda tidak mudah berpuas diri dengan telah memenuhi target saat bekerja saja, tetapi seseorang harus bisa melebihi target yang diinginkan jika mau sukses.

"Sejalan dengan tantangan industri dan perekonomian global, perusahaan dituntut semakin cermat dalam menangkap potensi bisnis. Kini Garuda Indonesia berhasil mempertahankan status Maskapai Bintang-5 Dunia (World`s Five Star Airline) sejak tahun 2014," katanya.

Selain itu, lanjut dia, Garuda Indonesia juga menjadi World`s Best Cabin Crew selama 4 tahun berturut-turut dari Skytrax, bahkan masuk dalam daftar 10 maskapai terbaik dunia di tahun 2017 versi Skytrax. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017